Devotion 652 : PENGORBANAN YANG SIA-SIA

Devotion 652 - Dr. Heintje Kobstan
PENGORBANAN YANG SIA-SIA
Bacaan: 1 Raja-raja 6

Salomo pun mulai membangun Bait Allah, pada tahun ke-480 setelah orang Israel keluar dari Mesir dan pada tahun ke-4 ia memerintah. Bait Allah mulai dibangun dengan berbagai tahapan. Bangunan yang dibangun begitu megah dan indah, dengan material yang berkualitas dan struktur arsitek yang menawan. Salomo mengeluarkan seluruh daya, dana dan pikiran untuk membangun Bait Allah.

Pembangunan ini diperkirakan menggunakan 25 ton emas, yang jika dirupiahkan akan menghasilkan angka yang spektakuler. Dan mungkin belum pernah ada yang membuat suatu bangunan dengan dana trilyunan rupiah. Dalam masa pembangunan, datanglah firman Tuhan kepada Salomo, "Mengenai rumah yang sedang kaudirikan ini, jika engkau hidup menurut segala ketetapan-Ku dan melakukan segala peraturan-Ku dan tetap mengikuti segala perintah-Ku dan tidak menyimpang dari padanya, maka Aku akan menepati janji-Ku kepadamu yang telah Kufirmankan kepada Daud, ayahmu, yakni bahwa Aku akan diam di tengah-tengah orang Israel dan tidak hendak meninggalkan umat-Ku Israel." Jadi bukan soal megahnya Bait Allah tetapi apakah Tuhan berdiam ditengah-tengah orang Israel. Sebab percuma saja Salomo membangun Bait Allah yang megah tetapi Tuhan tidak diam didalamnya ditengah-tengah bangsa Israel. Salomo sebagai raja harus memberi teladan untuk hidup menaati seluruh perintah Tuhan serta tidak menyimpang daripadanya sehingga Tuhan akan berdiam ditengah umatNya. Karena itu, tidak peduli berapa banyak dana, tenaga, pikiran yang kita korbankan untuk Tuhan dan pekerjaan Tuhan tetapi jika kita tidak hidup menaati seluruh perintah Tuhan dan menyimpang daripadanya maka itu semua adalah sia-sia.

Semuanya akan sia-sia jika apa yang kita lakukan untuk Tuhan dan pekerjaanNya tanpa dasar ketaatan pada firmanNya.

#passionateheintje.blogspot.com
1 Raja-raja 6:13 "...yakni bahwa Aku akan diam di tengah-tengah orang Israel dan tidak hendak meninggalkan umat-Ku Israel."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT