Devotion 650 : SUMBER HIKMAT DAN KEBIJAKSANAAN

Devotion 650 - Dr. Heintje Kobstan
SUMBER HIKMAT DAN KEBIJAKSANAAN
Bacaan: 1 Raja-raja 4

Ketika Salomo menjadi raja, maka ia berhasil menyatukan seluruh suku yang bertikai sebelumnya dan memimpin mereka hidup dalam ketenangan dan kemakmuran. Untuk mengatur semua ini maka Salomo membutuhkan hikmat dan kebijaksanaan. Hikmat dan kebijaksanaan itu bukanlah teoritis atau sekedar retorika saja tetapi praktikal. Tidaklah mudah memimpin bangsa Israel, bangsa yang besar kalau Tuhan tidak memberikan hikmat dan kebijaksanaan pada Salomo.

Untuk menjalankan roda pemerintahannya maka ia menunjuk para pembesar yang membantunya dalam berbagai bidang. Dan untuk memenuhi kebutuhan kerajaannya maka ia membagi 12 distrik yang tidak berdasarkan kesukuan tetapi wilayah. Mungkin untuk mempersatukan Israel sebagai bangsa yang besar yaitu dengan menghilangkan rasa sukuisme. Dan dengan hilangnya rasa sukuisme maka kekuasaan pemerintah pusat akan semakin bertambah kuat. Selama masa pemerintahan Daud, ia mungkin tidak melibatkan anak-anaknya untuk membantu mengurus negara. Jadi secara adminstratif Salomo tidak punya pengalaman tetapi ia berhasil mengatur pemerintahannya dengan baik. Tuhanlah yang telah memberikan padanya hikmat dan kebijaksanaan yang besar bahkan melebihi orang-orang yang berhikmat pada saat itu. Sehingga banyak raja dan pembesar datang untuk melihat hikmat Salomo sambil membawa upeti. Salomo mengikuti nasehat Daud untuk hidup takut akan Tuhan dan melakukan kehendakNya sehingga Tuhan mengaruniakan hikmat dan kebijaksanaan padanya. Jika kita hidup takut akan Tuhan maka Ia akan memberikan hikmat dan kebijaksanaan untuk meraih kesuksesan dalam kehidupan ini.

Takut akan Tuhan adalah sumber hikmat dan kebijaksanaan untuk menjalani kehidupan didunia ini.

#passionateheintje.blogspot.com
1 Raja-raja 4:34 "Maka datanglah orang dari segala bangsa mendengarkan hikmat Salomo, dan ia menerima upeti dari semua raja-raja di bumi, yang telah mendengar tentang hikmatnya itu."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT