Devotion 649 : MINTA SESUAI KEHENDAK TUHAN

Devotion 649 - Dr. Heintje Kobstan
MINTA SESUAI KEHENDAK TUHAN
Bacaan: 1 Raja-raja 3

Alkitab menyatakan Salomo menunjukkan kasihnya kepada Tuhan dengan hidup menurut ketetapan-ketetapan Daud, ayahnya. Pada waktu itu orang Israel masih mempersembahkan korban bakaran di bukit-bukit pengorbanan, sebab belum didirikan rumah untuk nama TUHAN. Dan Salomo pun masih mengikuti tradisi itu juga. Salomo pergi ke Gibeon dan mempersembahkan 1000 korban bakaran disana, karena disitulah bukit pengorbanan terbesar.

Salomo mempersembahkan 1000 korban bukan karena dirinya adalah raja. Alkitab mengatakan karena ia mengasihi Tuhan sehingga ia mempersembahkan korban bakaran dengan jumlah yang banyak. Tindakan kasih erat kaitannya dengan pengorbanan. Korban itu berkenan kepada Tuhan dan pada waktu malam Tuhan datang melalui mimpi kepadanya. Berfirmanlah Tuhan, "mintalah apa yang hendak kuberikan padamu." Salomo ditantang Tuhan untuk meminta suatu permintaan yang sesuai kehendakNya, yang memang akan diberikan kepada Salomo. Dan Salomo memohon agar Tuhan memberikan padanya hati yang paham menimbang perkara untuk menghakimi dengan dapat membedakan antara yang baik dan jahat. Sebab Salomo sadar, ia tidak sanggup menghakimi umat Tuhan yang besar ini. Dan Tuhan memandang baik permintaan Salomo bahkan memberikan bonus tambahan atas permintaannya itu, yaitu kekayaan dan kemuliaan bahkan umur panjang. Tuhan itu baik, jika kita meminta sesuai kehendakNya maka Ia akan menjawabnya bahkan memberikan bonus tambahan. Dan hikmat yang diberikan Tuhan kepada Salomo segera mendapatkan ujian kasus, dan ia pun lulus sehingga takutlah seluruh rakyat karena hikmat Tuhan ada pada Salomo untuk melakukan keadilan.

Ketika kita meminta sesuatu yang sesuai dengan kehendak Tuhan, maka ia akan mengaruniakannya pada kita.

#passionateheintje.blogspot.com
1 Raja-raja 3:5 "Di Gibeon itu TUHAN menampakkan diri kepada Salomo dalam mimpi pada waktu malam. Berfirmanlah Allah: "Mintalah apa yang hendak Kuberikan kepadamu."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT