Devotion 653 : YAKHIN DAN BOAS

Devotion 653 - Dr. Heintje Kobstan
YAKHIN DAN BOAS
Bacaan: 1 Raja-raja 7

Salomo menyelesaikan bangunan Bait Allah selama 7 tahun. Karena sebagian besar persiapannya sudah dilakukan sebelum Salomo memerintah dan bagunan itu tidak terlalu besar serta tenaga kerja yang dikerahkan sangat besar. Dan kemudian Salomo membangun istananya selama 13 tahun lebih lama dari membangun Bait Allah. Salomo mendirikan gedung "Hutan Libanon" (Ibr: Kol Betho = seluruh istananya). Apakah bangunan itu termasuk Bait Allah atau tidak. Jika iya, maka Salomo membangun 4 bangunan yang berbeda namun saling terkait, yaitu: Bait Allah, Istana, Balai Sangga (gudang persenjataan), dan Balai Singgasana untuk pengadilan.

Salomo memanggil Hiram dari Tirus untuk membuat ornamen-ornamen logam Bait Suci. Ia membuat 2 tiang dari tembaga dan menamakan kedua tiang itu, yang kiri Yakhin berarti "Dia akan menetapkan, Dia yang akan membangun dan mendukung, atau dikokohkan", dan yang kanan Boas berarti "Didalamnya ada kekuatan". Bisa berarti ini adalah sebuah pesan yang berarti "Didalam nama Yehova raja akan bersukacita". Karena Yakhin berkaitan dengan kerajaan dan Boas berkaitan dengan kekuatan doa yang dipanjatkan di dalam Bait Suci. Jadi, kerajaan akan kokoh jika ada kekuatan doa yang menopangnya dan inilah yang membuat raja bersukacita di dalam nama Tuhan. Begitu juga dengan hidup kita akan bersukacita dalam namaNya jika iman kita bertumbuh kuat dalam kebenaran Tuhan yang ditopang oleh doa. Karena itu, usahakanlah iman kita bertumbuh kuat dalam seluruh kebenaran Tuhan karena ada doa yang menopang pertumbuhan itu.

Kehidupan doa akan menopang pertumbuhan iman kita di dalam seluruh kebenaran Tuhan sehingga kita akan senantiasa bersukacita di dalam namaNya.

#passionateheintje.blogspot.com
1 Raja-raja 7:21 "Kemudian tiang-tiang itu didirikannya dekat balai ruang besar. Ketika ia mendirikan tiang kanan, ia menamainya Yakhin; ketika ia mendirikan tiang kiri, ia menamainya Boas."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT