Devotion 647 : JABATAN ADALAH ANUGERAH TUHAN

Devotion 647 - Dr. Heintje Kobstan
JABATAN ADALAH ANUGERAH TUHAN
Bacaan: 1 Raja 1

Raja Daud telah tua, diperkirakan usianya telah mencapai 70 tahun yang dalam tulisan syair Daud adalah batas usia manusia. Berbagai pengalaman suka duka dialami Daud sejak pemerintahan Saul dan 40 tahun ia memerintah Israel. Ia dikenal sebagai pahlawan perang - penyair - dan raja terbesar di Israel. Walaupun sebagai raja yang besar dan terkenal, Daud tidak dapat mendidik anak-anaknya dengan baik. Setelah Absalom memproklamirkan dirinya menjadi raja bahkan telah membuat Daud menyingkir dari Yerusalem, kini di masa tuanya, Adonia yang didukung Yoab dan imam Abyatar memproklamirkan diri menjadi raja.

Adonia, adalah anak sulung dengan perawakan yang elok dan tidak pernah ditegur oleh Daud. Walaupun secara status seharusnya putera mahkota jatuh di anak tertua, namun Adonia bertindak sendiri tanpa persetujuan Daud untuk menjadi raja menggantikan dirinya. Daudlah yang harus memilih penggantinya sendiri, dan ia telah berjanji untuk mengangkat Salomo sebagai raja. Salomo adalah anak dari Batsyeba, istri Uria yang dibunuh oleh Daud. Pengangkatan Salomo didukung oleh Nabi Natan, imam Zadok, Benaya bin Yoyada, Simei dan Rei beserta para pahlawan Daud.  Adonia tidak mengetahui hati Daud sehingga ambisinya menghancurkan dirinya. Tidak salah kita mempunyai ambisi tetapi jangan menghalalkan segala cara yang akhirnya melanggar ketetapan dan waktu Tuhan. Namun, kita harus belajar bahwa kedudukan, jabatan, kesempatan adalah anugerah Tuhan dan diberikan pada yang dikehendakiNya. Natan dan Batsyeba bertindak pada waktu Tuhan, sehingga semuanya bisa berlangsung dengan baik dan Salomo menjadi raja tanpa menimbulkan kericuhan politik.

Jabatan, kedudukan, kesempatan adalah anugerah Tuhan. Jangan berusaha untuk mendahului waktu Tuhan.

#passionateheintje.blogspot.com
1 Raja-raja 1:18 "Tetapi sekarang, lihatlah, Adonia telah menjadi raja, sedang tuanku raja sendiri tidak mengetahuinya."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT