Devotion 1112 : BILA TUHAN BERPALING

Devotion 1112 - Dr. Heintje Kobstan
BILA TUHAN BERPALING
Bacaan: Yeremia 12

Ada istilah bagai musuh dalam selimut, ini berarti orang yang kita kenal baik ternyata diam-diam berkhianat memusuhi kita. Hal ini juga yang dialami oleh Yeremia, ia sedih hati karena mengetahui persepakatan sanak saudara Yeremia di Anatot (mereka tentu juga imam-imam). Mereka berusaha membunuh sang nabi karena ia sering mencela kepercayaan yang palsu dan upacara-upacara keagamaan mereka. Dihadapan TUHAN, Yeremia mengadukan perbuatan mereka bahkan mempertanyakan mengapa orang jahat hidupnya lebih makmur dan terlihat bahagia dibanding umat TUHAN? Pertanyaan Yeremia ini mungkin juga mewakili pertanyaan orang Kristen lainnya.

"Jika engkau telah berlari dengan orang berjalan kaki, dan engkau telah dilelahkan, bagaimanakah engkau hendak berpacu melawan kuda? Dan jika di negeri yang damai engkau tidak merasa tenteram, apakah yang akan engkau perbuat di hutan belukar sungai Yordan?' ini adalah jawaban TUHAN kepada Yeremia. Tuhan tidak bermaksud meremehkan Yeremia, tetapi Ia menyadarkannya bahwa apa yang dialaminya belum seberapa, karena kekuatan Tuhan selalu tersedia baginya, bahkan dalam pergumulan yang lebih berat sekalipun. Orang jahat yang makmur adalah sebagai pembanding yang diharapkan dapat menimbulkan kecemburuan yang positif kepada umat TUHAN. Dalam hal ini, TUHAN ingin mengajarkan bahwa jika kita telah merasa kalah dengan kehidupan orang jahat bagaimana kita bisa mengalahkan kejahatan itu sendiri? Sebenarnya yang perlu kita waspadai adalah jangan sampai TUHAN berbalik meninggalkan umatNya. Mengapa? Karena umat TUHAN telah berlaku jahat sama seperti orang jahat dan meninggalkan TUHAN. Bahkan para penjaga umat pun telah menjadi pemangsa umat. Kejahatan umat semakin bertambah banyak maka TUHAN pun berpaling meninggalkan mereka. Karena itu, sebagai umat TUHAN jangan iri dengan kehidupan orang jahat yang makmur dan terlihat bahagia tetapi teruslah berlari dalam pertandingan iman sampai pada garis akhir.

Jangan iri dengan mereka yang berbuat jahat dan jangan kecewa dengan Tuhan sehingga berbalik meninggalkanNya tetapi teruslah berlari dalam pertandingan iman sampai pada garis akhir.

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 12:5 "Jika engkau telah berlari dengan orang berjalan kaki, dan engkau telah dilelahkan, bagaimanakah engkau hendak berpacu melawan kuda? Dan jika di negeri yang damai engkau tidak merasa tenteram, apakah yang akan engkau perbuat di hutan belukar sungai Yordan?"

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 01'12'18 : 2Kor. 7 - 9

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT