Devotion 1102 : MENGGALI KOLAM BOCOR

Devotion 1102 - Dr. Heintje Kobstan
MENGGALI KOLAM BOCOR
Bacaan: Yeremia 2

Seperti kacang lupa pada kulitnya, merupakan suatu pepatah yang mempunyai arti bahwa orang yang dahulunya miskin setelah menjadi kaya lupa akan asal usulnya. Atau seseorang yang menjadi sombong, tidak tahu diri dan lupa akan asal usulnya. Dalam pasal ini, Yeremia menggambarkan keadaan Israel seperti demikian. Bangsa Israel pada mulanya mengandalkan Allah dengan kasih sungguh-sungguh. Demikian eratnya hubungan mereka sehingga bangsa itu dipandang sebagai istri Tuhan (bd. Yer 3:14; 31:32; Yes 54:5). Tetapi sekarang seluruh Israel telah meninggalkan Allah dan mengikuti dewa-dewa lain (ay. 2:4-5,25).

TUHAN pun mempertanyakan alasan mengapa mereka meninggalkanNya (ay. 1-5). Bahkan kasih Allah sebagai mempelai laki-laki masih terus membara (ay. 5). Tetapi itulah Israel yang begitu cepat melupakan perbuatan baik TUHAN yang telah melepaskan mereka dari perbudakan menuju Tanah Perjanjian. Israel begitu terlena dengan kenyamanan sehingga terus mencari kepuasan semu. Mereka tidak mau hidup dalam aturan TUHAN yang justru melindungi mereka dari ancaman musuh tetapi malah mendua hati dan mengkhianati Dia dengan mengikuti para ilah bangsa-bangsa sekitarnya (ay. 5, 7). TUHAN malah membandingkan kelakuan umatNya dan kelakuan bangsa-bangsa lain: pernahkah ada bangsa yang mengganti ilah sesembahannya? Namun, "umat-Ku menukarkan kemuliaannya dengan apa yang tak berguna" (ay. 11). Tindakan bodoh ini diibaratkan dengan menggali kolam yang bocor dan tak dapat menampung air! (Ay. 13). Berhala jaman ini tidak lagi berupa patung, dll tetapi kedudukan, status sosial, popularitas, penghormatan, kekayaan, kesenangan dunia dll yang menduakan TUHAN. Hal ini pun terjadi tanpa kecuali, umat yang sudah ditebus Kristus dan para pemimpinnya pun tidak kebal terhadap godaan demikian. Karena itu, umat TUHAN berjaga-jagalah dan hiduplah senantiasa mengandalkan TUHAN dan jangan menduakanNya.

Janganlah hatimu menduakan TUHAN, karena berbagai bentuk berhala baru akan dapat menggeser TUHAN dari dalam hatimu.

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 2:11 "pernahkah suatu bangsa menukarkan allahnya meskipun itu sebenarnya bukan allah? Tetapi umat-Ku menukarkan Kemuliaannya dengan apa yang tidak berguna."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 20'11'18 : Roma 4 - 6

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT