Devotion 1101 - PERDENGARKANLAH SUARA KEBENARAN

Devotion 1101 - Dr. Heintje Kobstan
PERDENGARKANLAH SUARA KEBENARAN
Bacaan: Yeremia 1

Kitab Yeremia berisi sejarah sang nabi maupun pemberitaannya. Yeremia dipanggil Allah untuk menjadi nabi bagi kerajaan selatan Yehuda. Ia melayani selama 40 tahun terakhir Yehuda, termasuk hari-hari terakhir sebelum Yerusalem dibinasakan dan umat Allah dibawa ke Babel (627-586 SM). Ia melayani sepanjang masa pemerintahan Yosia, Yoahas, Yoyakim, Yoyakhin, dan Zedekia. Sepanjang masa itu bangsa Yehuda memberontak terhadap Allah dan mengandalkan persekutuan politik untuk memperoleh kebebasan dari musuh-musuhnya.

Orang bisa berstatus imam karena keturunan, tetapi seseorang menjadi nabi karena panggilan ilahi. Anatot adalah sebuah kota di wilayah Benyamin, yang dikhususkan sebagai tempat tinggal bagi para imam dan kaum Lewi (Yos. 21:18). Kota itu terletak dua setengah mil timur laut Yerusalem dan kini dinamakan Anata. Menjadi nabi dalam usia belia bukanlah impian banyak orang, sebab nabi bukanlah figur populer. Tugas seorang nabi tidak jarang mengharuskan "penyambung lidah" Tuhan ini bentrok dengan para pemangku kepentingan yang merasa tidak nyaman dengan pesan yang disampaikan. Yeremia mendesak bangsa itu untuk bertobat dari dosa mereka dan memperingatkan bahwa mereka akan sungguh-sungguh menderita hukuman karena menolak Allah dan hukumNya. Karena beritanya dan pengabdiannya kepada Allah, Yeremia banyak mengalami pertentangan dan penderitaan. Bangsa ini sangat memerlukan Suara kenabian yaitu pesan-pesan TUHAN agar bangsa ini berjalan dalam terang kebenaranNya. Seperti Yeremia, walaupun banyak mendapatkan tantangan tetapi ia tetap menyerukan pertobatan kepada seluruh bangsa. Ketika kebenaran bangkit atas bangsa ini, maka kegelapan pun akan sirna. Karena itu bangkitlah umat TUHAN, beritakanlah kebenaran kepada bangsa ini sehingga terang Kemuliaan TUHAN akan nyata dan kegelapan pun akan sirna.

Perdengarkanlah suara kebenaran kepada bangsa ini, sehingga terang kemuliaan TUHAN akan nyata dan kegelapan pun akan sirna.

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 1:9 "Lalu TUHAN mengulurkan tangan-Nya dan menjamah mulutku; TUHAN berfirman kepadaku: "Sesungguhnya, Aku menaruh perkataan-perkataan-Ku ke dalam mulutmu."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 19'11'18 : Roma 1 - 3

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT