Devotion 1108 : KACAMATA KUDA

Devotion 1108 - Dr. Heintje Kobstan
KACAMATA KUDA
Bacaan: Yeremia 8

Pernahkah Anda naik Andong atau Bendi atau Dokar? Apakah Anda memperhatikan si kudanya? Ternyata si kuda itu dipakaikan kacamata oleh sang kusir, namanya kacamata kuda. Fungsi dari kacamata kuda itu agar kudanya bisa fokus melihat kedepan. Karena kebiasaan kuda suka berpaling ke kiri ke kanan dan tidak fokus ke depan. Apa yang terjadi dengan bangsa Yehuda? TUHAN berkata kepada Yeremia, bahwa bangsa ini suka berpaling terus menerus. Mereka berpegang pada tipu dan menolak untuk kembali.

Keberpalingan ini yang pada akhirnya Yehuda terjatuh dalam penyembahan berhala dan pemberontakan kepada TUHAN. Bahkan sebagai hukuman tulang belulang baik raja, pembesar sampai rakyat jelata akan dikeluarkan dari kubur dan diserakkan begitu saja (ay.1-2). Di zaman PL, dianggap sebagai penghinaan terhebat untuk membiarkan orang mati tidak dikubur. Selaku hukuman yang pantas atas penyembahan berhala, Allah menyatakan maksudNya membiarkan tulang-tulang umat itu tersingkap di depan bintang-bintang yang mereka sembah. Konsekuensi itu tidak terelakkan sebab berhala yang mereka sembah dan agungkan ternyata hanya kosong belaka, tidak mampu berbuat apa-apa bagi bangsa Yehuda. Namun berhala jaman sekarang pun begitu menarik sehingga tidak sadar umat TUHAN berpaling dari TUHAN. Berhala itu adalah karier, harta, kekuasaan sehingga banyak orang Kristen akhirnya mengorbankan keluarga, anak, bahkan iman. Dan karena umat TUHAN banyak yang berpaling kepada berhala modern maka Gereja pun bisa menjadi sarana transaksi praktek bisnis dunia yang licik dan kotor demi posisi dan harta. Seperti kuda yang dipakaikan kacamata agar fokus kedepan maka umat TUHAN harus memakai kacamata rohani agar bisa fokus kepada kehendak TUHAN dan tidak berpaling pada dunia.

Berpaling dari TUHAN akan membuat umat TUHAN jatuh ke dalam jurang kebinasaan yang kekal.

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 8:5 "Mengapakah bangsa ini berpaling, berpaling terus-menerus? Mereka berpegang pada tipu, mereka menolak untuk kembali."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 26'11'18 : 1Kor. 7 - 9

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT