Devotion 1106 : BERJALAN SEIMBANG

Devotion 1106 - Dr. Heintje Kobstan
BERJALAN SEIMBANG
Bacaan: Yeremia 6

Kecenderungan manusia untuk memberontak dan hidup diluar aturan adalah mungkin karena natur manusia itu sendiri. Kecemaran dosa telah mempengaruhi hati nurani manusia. Sehingga apa yang dipikir baik oleh seseorang belum tentu baik bagi orang lain ataupun TUHAN. Karena itu Yeremia menyerukan pertobatan kepada Yehuda. Seruan itu adalah panggilan yang memaksa umatNya karena musuh yang dikerahkan Allah untuk menghukum Israel sudah mendekat (ay.1-5), sementara Israel masih saja kebal nurani dan tuli rohani (ay.10).

Bangsa Yehuda terancam mengalami kehancuran bukan semata-mata disebabkan oleh kekuatan, kedahsyatan serangan, dan siasat dari bangsa-bangsa lain (ay.1, 5-6), namun karena ketidaktaatan mereka kepada Allah dan firmanNya (ay.6, 8, 11-12, 19-21). Mereka memberontak terhadap hukum TUHAN dan mengalami degradasi moral karena ketidaktaatan itu akhirnya menghancurkan Yehuda. Gereja masa kini harus menyadari akan hal ini, karena Gereja mempunyai andil terhadap kemerosotan moral masyarakat. Mengapa demikian? TUHAN menegur para nabi dan imam yang seharusnya mengajarkan kebenaran tetapi hanya mencari keuntungan pribadi (ay.13-15). Hans Kung - seorang teolog Roma Katolik pernah mengatakan: 'Jika Gereja tidak taat kepada Kepala Gereja dan firmanNya, Gereja tidak dapat bertumbuh..." Gereja jangan hanya mengejar kuantitas sehingga mengabaikan kualitas jemaat. Gereja jangan hanya berpikir soal jasmani (fasilitas, sarana prasarana, entertain, kenyamanan beribadah) tetapi juga rohani (pengajaran firman TUHAN yang murni, terobosan spiritual, kedewasaan iman jemaat). Umat TUHAN harus disadarkan akan pentingnya pertobatan, persekutuan yang benar, pengajaran firman TUHAN yang murni dan kedewasaan rohani yang menuju kepada keserupaan Kristus sehingga mereka tahu apa artinya beribadah. Tanpa kesadaran itu maka kefasikan semakin merajalela, moralitas semakin merosot dan akhirnya penghukuman TUHAN atas umatNya.

Gereja jangan hanya mengejar kuantitas tetapi juga kualitas. Kuantitas dan kualitas harus berjalan seimbang, tetapi TUHANlah yang memberikan pertumbuhan.

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 6:19 "Dengarlah, hai bumi! Sungguh, ke atas bangsa ini Aku akan mendatangkan malapetaka, akibat dari rancangan-rancangan mereka, sebab mereka tidak memperhatikan perkataan-perkataan-Ku dan menolak pengajaran-Ku."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 24'11'18 : Roma 16 - 18

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT