Devotion 1105 : FIRMAN YANG PALSU

Devotion 1105 - Dr. Heintje Kobstan
FIRMAN YANG PALSU
Bacaan: Yeremia 5

Pernahkah kita membaca atau mendengar tentang mereka yang seharusnya pembela kebenaran ternyata adalah pelaku kejahatan juga? Dunia ini sungguh membingungkan, kebenaran bisa dianggap sebagai kejahatan dan kejahatan bisa menjadi suatu kebenaran. Yeremia pun menemukan di jaman itu, bahwa kebenaran adalah sesuatu yang langka. Mulai dari rakyat jelata sampai para pemimpin yang mengerti hukum dan peraturan pun melakukan pelanggaran. Maka apa yang terjadi, kejahatan pun semakin merajalela sebab pelanggaran dan kesesatan mereka sangat besar (ay.1-6).

Sikap bangsa ini sangat tidak masuk akal tetapi lebih daripada itu ternyata TUHAN tetap mengasihi mereka. Tetapi karena kesalahan yang begitu besar yang telah diperbuat mereka maka pada saatnya TUHAN sendiri yang akan menghukum mereka. Hal ini terjadi karena dari pihak bangsa Israel, mereka telah menganggap enteng TUHAN. Bahkan ketika berita penghukuman datang kepada mereka, mereka justru berkata, "Malapetaka yang diucapkan para nabi adalah bualan kosong, dan ramalan-ramalan mereka yang menakutkan akan menimpa mereka sendiri." Kata rûah, yang bisa berarti "roh" atau "angin." Para nabi menganggap diri mereka memiliki Roh Allah; umat menjawab, "Itu hanya angin!" (ay.12). Ini juga merupakan kesalahan para nabi yang tidak memberitakan firman TUHAN yang murni. Para nabi bernubuat palsu dan para imam mengajar dengan sewenang-wenang, dan jemaah menyukai yang demikian! (Ay.31). Sehingga jemaat tidak bertumbuh dalam hidup takut akan TUHAN, tidak menjadi dewasa rohani. Ketika firman TUHAN yang murni datang kepada jemaat maka mereka menganggap itu adalah kepalsuan.  Kefasikan telah bertumbuh subur ditengah umat TUHAN sehingga mereka tidak bisa membedakan manakah kebenaran sejati dan manakah yang palsu. Karena itu TUHAN pun harus menghukum mereka (ay.29). Firman TUHAN hari ini mengingatkan kita semua, baik sebagai pemberita firman dan umat TUHAN. Mari beritakanlah firman kebenaran yang memberikan pertumbuhan iman kepada jemaat menuju kedewasaan rohani. Juga kepada jemaat, agar jangan terlena dengan kebenaran palsu yang menyenangkan telinga tetapi carilah firman Tuhan yang murni dan benar.

Beritakanlah firman kebenaran kepada umat TUHAN sehingga mereka bertumbuh sehat rohani bukan firman palsu yang menyebabkan sakit rohani.

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 5:31 "Para nabi bernubuat palsu dan para imam mengajar dengan sewenang-wenang, dan umat-Ku menyukai yang demikian! Tetapi apakah yang akan kamu perbuat, apabila datang kesudahannya?"

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 23'11'18 : Roma 13 - 15

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT