Devotion 1110 : PILIH MANA, ASLI ATAU PALSU?

Devotion 1110 - Dr. Heintje Kobstan
PILIH MANA, ASLI ATAU PALSU?
Bacaan: Yeremia 10

Siapakah yang dapat menciptakan TUHAN? Sejatinya, TUHAN tidak bisa dibuat ataupun diciptakan, IA telah ada dari permulaan waktu dan IA yang telah menciptakan semua. Adalah suatu kebodohan jika manusia bisa menciptakan TUHAN, sedangkan TUHANlah yang menciptakan manusia. Tetapi bagi sebagian orang, mereka berusaha membuat tuhan dari bahan-bahan yang diciptakan seperti kayu, emas, dll. Karena itu tidaklah bisa dikatakan itu adalah TUHAN yang asli yang kemudian disembah oleh mereka.

Bangsa-bangsa pada waktu itu membuat tuhan dan kemudian menyembahnya. Tuhan yang mereka ciptakan tidak dapat melakukan apa-apa atau tidak ada dayanya. Tetapi mengapa Yehuda tertarik kepada tuhan mereka dan ikut menyembahnya? Bahkan karena ancaman serbuan Babel, bangsa itu semakin berpaling kepada penyembahan berhala, ilmu nujum, dan spiritisme seperti bangsa-bangsa lainnya. Yeremia memperingatkan mereka terhadap perbuatan itu, serta menyatakan bahwa Tuhan Allah adalah Allah yang esa dan benar yang telah menciptakan segala sesuatu (ay.10-12). Yehuda mengira bahwa TUHAN yang asli tidak dapat melepaskan mereka, jadi mereka berpaling kepada tuhan buatan. Padahal TUHAN yang asli adalah sumber dari segala sesuatu yang mempunyai kuasa, kemampuan, kekuatan, dan kehidupan itu sendiri. Tuhan palsu buatan tangan manusia adalah sebaliknya, mati dan tak berdaya. Jadi, pilih mana? TUHAN asli atau tuhan palsu? Jaman modern, manusia menciptakan tuhan palsu yang menurut mereka dapat menolong kehidupan mereka. Mereka menaruh seluruh hati dan pengharapan pada tuhan palsu itu. Tuhan palsu itu adalah uang, pekerjaan, jabatan, material, kekayaan, ideologi, sistem ekonomi, sistem politik, bahkan Agama. Memang semua itu diperlukan tetapi itu semua tidak dapat menolong manusia. Hanya TUHAN yang asli yang sanggup menolong manusia.

Manusia berusaha menciptakan tuhan baik melalui materi, sistem ataupun agama, sebagai tempat mereka menaruh hati dan pengharapannya. Tetapi hanya TUHAN yang asli yang sanggup menolong manusia.

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 10:14 "Setiap manusia ternyata bodoh, tidak berpengetahuan, dan setiap pandai emas menjadi malu karena patung buatannya. Sebab patung tuangannya itu adalah tipu, tidak ada nyawa di dalamnya,.."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 28'11'18 : 1Kor. 13 - 16

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT