Devotion 1093 : SOLUSI DOSA

Devotion 1093 - Dr. Heintje Kobstan
SOLUSI DOSA
Bacaan: Yesaya 59

Apakah TUHAN mendengar setiap doa umatNya? Iya, tetapi untuk menjawab doa-doa itu merupakan kedaulatan TUHAN. Ada doa yang langsung dijawab TUHAN, ada juga yang memerlukan waktu atau proses kehidupan bahkan tidak jarang doa itu tidak dijawab TUHAN karena kesalahan kita. Pasal ini membicarakan tentang Umat Israel yang berada di pembuangan mengeluh karena Allah tidak kunjung menyelamatkan mereka. Apakah Allah tidak sanggup menolong mereka? Yesaya menjelaskan bahwa doa mereka tidak terjawab karena tidak ditujukan kepada Allah yang benar (Yes. 57:13), mereka berdoa dalam kemunafikan (Yes. 58:4), dan ternyata masalahnya terletak pada dosa-dosa mereka (ay.1,2). Karena itu janganlah kita menyalahkan TUHAN jika doa-doa kita belum atau tidak dijawab TUHAN.

Berbagai perbuatan dosa Israel digambarkan secara terperinci. Mereka memandang rendah hak orang lain, meremehkan hukum, mudah mengucapkan janji palsu, menganggap murah nyawa sesamanya, dan mengatur strategi jahat untuk kepentingan sendiri (ay.3-8). Mereka seperti ular berbisa yang mengeluarkan pengaruh jahat yang diperhitungkan untuk membinasakan orang-orang tidak hati-hati yang mempercayai mereka (ay.5). Karena itu TUHAN menegur mereka, bahwa yang menjadi penghambat pertolongan TUHAN adalah dosa-dosa mereka. Dosa telah membutakan mata hati manusia, sehingga tidak mengenal jalan yang benar. Israel seharusnya menyadari akan keberadaan dirinya dihadapan TUHAN. Tanpa kesadaran tentang betapa seriusnya akibat dosa, tidak mungkin terjadi pertobatan sejati. TUHAN tidak tinggal diam, Ia melihat dan memberikan solusi agar manusia bisa terbebas dari ikatan dosa. Pengorbanan Yesus Kristus adalah solusi dari perbudakan dosa dan ancaman penghukuman kekal. Inilah berita Injil itu atau kabar baik bagi semua manusia. Sebab tidak ada satupun manusia yang tidak berdosa, semua telah kehilangan kemuliaan TUHAN. Mereka yang menolak berita Injil akan dibinasakan, tetapi setiap orang yang menerimanya akan memperoleh pengampunan dosa dan keselamatan kekal.

Janganlah engkau menolak berita Injil, sebab melaluinya engkau akan memperoleh pengampunan dosa dan kehidupan kekal.

#passionateheintje.blogspot.com
Yesaya 59:2 "tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 07'11'18 : Yohanes 13 - 15

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT