Devotion 1090 : KESELAMATAN ITU BERSYARAT

Devotion 1090 - Dr. Heintje Kobstan
KESELAMATAN ITU BERSYARAT
Bacaan: Yesaya 56

Biasanya Mal pada waktu-waktu tertentu mengadakan sale ada yang 10%, 30% atau 50% bahkan mungkin bisa lebih dari potongan discount tadi. Discount itu biasanya disertai dengan tulisan syarat dan ketentuan berlaku atau bersyarat. Bukan hanya diskon saja yang bisa bersyarat, pendidikan misalnya. Anda tidak akan naik kelas 2 jika belum menyelesaikan kelas 1. Bidang lain juga pasti punya syarat-syarat tertentu. Bahkan kebebasan manusia pun bersyarat agar supaya saya dan Anda tidak hidup semau kita. Begitu pula tentang keselamatan dalam pasal ini, Yesaya mengajarkan bahwa keselamatan itu bersyarat.

Kaum Proselit adalah mereka yang ingin bergabung dengan Yudaisme atau menjadi bangsa Yahudi. Seperti Ruth, mereka juga berkata, ”Bangsamu akan menjadi bangsaku, dan Allahmu, Allahku.” (Rut 1:16; Yos 6:25; Mat 1:5). Mereka tidak serta merta hanya melalui pengakuan seperti Ruth lalu menjadi Yudaisme tetapi harus disunat dan melakukan segala ketetapan Taurat dan peraturan-peraturan yang berlaku. Pada awalnya keselamatan itu hanya dalam bagi orang Israel. Dan kemudian para Porselit itu pun banyak yang menjadi Kristen, percaya kepada Yesus Kristus. Ketika Israel menolak keselamatan yang dinyatakan melalui Yesus Kristus maka keselamatan itu diberikan juga kepada bangsa-bangsa. Keselamatan itu diberikan mempunyai syarat, syaratnya bukan garis keturunan, tetapi melakukan kehendak (hukum) Allah dan menegakkan keadilan (ay 1). Sebaliknya, mereka yang merasa diri umat Allah karena keturunan Israel bisa ditolak Allah, apabila mereka tidak melakukan kehendak Allah. Bagi Yudaisme memelihara sabat itu sangat penting, tetapi bagi kekristenan hubungan dengan TUHAN itu jauh lebih penting. Jadi, keselamatan itu bersyaratkan tentang membangun hubungan dengan TUHAN dan melakukan kehendakNya dalam ketaatan dan kesetiaan.

Keselamatan adalah bagi semua bangsa yang memenuhi persyaratan, yaitu yang membangun hubungan dengan TUHAN dan melakukan kehendakNya dalam ketaatan dan kesetiaan.

#passionateheintje.blogspot.com
Yesaya 56:1 "Beginilah firman TUHAN: Taatilah hukum dan tegakkanlah keadilan, sebab sebentar lagi akan datang keselamatan yang dari pada-Ku, dan keadilan-Ku akan dinyatakan."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 03'11'18 : Yohanes 1-3

#kingdomdevotion #palubangkit

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT