Devotion 1107 : IBADAH TANPA KESETIAAN

Devotion 1107 - Dr. Heintje Kobstan
IBADAH TANPA KESETIAAN
Bacaan: Yeremia 7

Jika jemaat pergi beribadah setiap minggu digereja yang mereka dapatkan adalah penyambutan yang ramah dari para penyambut tamu. Mereka dengan senyum manis menyapa sambil berjabat tangan bahkan ada yang sampai mengantar umat ke tempat duduk. Suasana yang nyaman dan lagu-lagu yang dinyanyikan serta khotbah yang sungguh memotivasi hidup dalam keberkatan TUHAN. Tetapi dalam perikop ini, Yeremia mendapat perintah Tuhan untuk menyambut jemaat yang datang ke rumah Tuhan untuk beribadah. Namun bukan untuk menyambut dengan senyuman dan jabatan tangan, melainkan dengan teguran dan janji (ay.1-2).

Betapa tidak menyenangkan jemaat datang beribadah dan disambut langsung dengan teguran bukan sapaan ramah. Teguran apa yang disampaikan sang nabi? Agar umat hendaknya tidak berasumsi bahwa keberadaan bait Allah menjamin keselamatan mereka meski mereka berbuat dosa (ay.4,8,10). Penyamun sering kali mempergunakan sarang untuk bersembunyi dan merencanakan kejahatan selanjutnya (ay.11). Yeremia memakai gambaran ini untuk melukiskan orang yang memasuki Bait Suci untuk mempersembahkan korban yang menurut pikiran mereka akan menutup dosa mereka di hadapan Allah; pada saat bersamaan mereka merencanakan untuk meneruskan cara hidup penuh dosa. Bahkan mereka menyakiti hati TUHAN dengan melakukan penyembahan kepada Istar dewi kesuburan Babel atau Asytoret dewi Fenisia atau disebut ratu Surga. Karena itu Yeremia menegur mereka karena mereka beribadah tanpa kesetiaan kepada TUHAN. Ibadah yang mereka lakukan hanya untuk menutupi dosa dan kesalahan mereka. Hal ini seharusnya menjadi pelajaran bagi umat TUHAN saat ini agar beribadah dalam kesetiaan kepada TUHAN karena ibadah itu mengandung janji baik untuk hari ini maupun masa yang akan datang.

Adalah suatu kebohongan bila dikatakan ibadah adalah untuk menutupi dosa dan kesalahan umat di hadapan TUHAN tetapi ibadah adalah tanda kesetiaan dan penyerahan hidup kepada TUHAN.

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 7:2 "Berdirilah di pintu gerbang rumah TUHAN, serukanlah di sana firman ini dan katakanlah: Dengarlah firman TUHAN, hai sekalian orang Yehuda yang masuk melalui semua pintu gerbang ini untuk sujud menyembah kepada TUHAN!"

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 25'11'18 : 1Kor. 1 - 3

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT