Devotion 1103 : SELINGKUH ROHANI

Devotion 1103 - Dr. Heintje Kobstan
SELINGKUH ROHANI
Bacaan: Yeremia 3

Di masa modern ini, kawin cerai itu sudah dianggap biasa. Kebanyakan kasus disebabkan oleh adanya orang ketiga atau perselingkuhan (perzinaan). Tidak peduli mereka yang adalah tokoh masyarakat, tokoh agama, bahkan rakyat umum sekalipun tidak luput dari perceraian karena kasus perselingkuhan. Dalam pasal ini, berpalingnya Yehuda kepada dewa-dewa lain itu sama dengan perzinaan rohani terhadap Tuhan; ketidaksetiaan ini sering kali terungkap dalam bentuk kebejatan penyembahan berhala baik dikuil ataupun bukit-bukit pengorbanan. Kendatipun firman Allah terus dinyatakan kepada mereka melalui hambaNya Yeremia, namun Israel terus hidup dalam kejahatan mereka.

Israel & Yehuda diilustrasikan sebagai isteri yang kemudian meninggalkan suaminya (TUHAN Israel) untuk berzina. Pada zaman Yosia, terjadilah pembaharuan spiritual. Bait Allah diperbaiki dan kemudian ibadah dimulai kembali. Dan ketika Taurat TUHAN ditemukan maka terjadi pertobatan nasional. Tetapi ternyata pembaharuan spiritual itu tidak benar-benar menyentuh hati bangsa Israel. Ternyata mereka kumat lagi, kembali kepada perzinaan dengan berbagai berhala. Seseorang yang sudah menceraikan istrinya dapat menikah lagi, namun tidak dapat menikahi istri pertamanya lagi jika salah seorang dari mereka sudah pernah menikah lagi (Ul. 24:1-4). Yehuda adalah seperti seorang istri yang tidak setia. Ia meninggalkan suaminya -- Allah -- dan pergi berzinah dengan orang lain, tidak hanya satu tapi banyak kekasih (ay. 1-2). Bagaimana mungkin Sang 'suami' akan kembali kepadanya? Bahkan dalam perzinaan itu, bukan keuntungan (= berkat) yang didapatkan Israel malah berhala itu mengambil segala jerih lelah mereka bahkan juga dari nenek moyang mereka (ay.23-24). Tetapi TUHAN bukanlah manusia, anugerahNya sungguh luar biasa. Sebagai suami, TUHAN menerima kembali Israel apa adanya. Sia-sia umat TUHAN beribadah jika hati mereka tetap berada dalam perselingkuhan rohani. Karena itu sebelum terlambat, sadari dan bertobatlah dari segala perselingkuhan rohani dan kembalikanlah hatimu hanya kepada TUHAN.

Segala bentuk perselingkuhan rohani tidak akan mendatangkan berkat malah kutuk karena itu bertobatlah dan kembalikanlah hatimu hanya kepada TUHAN yang benar.

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 3:22 "Kembalilah, hai anak-anak yang murtad! Aku akan menyembuhkan engkau dari murtadmu." "Inilah kami, kami datang kepada-Mu, sebab Engkaulah TUHAN, Allah kami."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 21'11'18 : Roma 7 - 9

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT