Devotion 1111 : ADA SYARATNYA BOSS

Devotion 1111 - Dr. Heintje Kobstan
ADA SYARATNYA BOSS
Bacaan: Yeremia 11

Dalam membuat suatu perjanjian haruslah terdiri dari dua pihak atau lebih yang bersepakat untuk mengikat janji. Pada umumnya setiap perjanjian itu mengandung syarat, jika dan maka. Sangat diharapkan bahwa kedua pihak itu tidak akan pernah ingkar janji atau membatalkan perjanjian itu secara sepihak. Begitu juga dengan TUHAN Allah Israel yang telah mengadakan ikatan perjanjian dengan umatNya, Yehuda. Israel menjadi bangsa yang besar karena adanya ikatan janji antara TUHAN dan umatNya. TUHAN selalu setia kepada perjanjianNya itu tetapi yang selalu ingkar janji adalah umatNya.

Pada th 622 SM raja Yosia melancarkannya suatu pembaharuan agama, (2Ra 22:3-23:27). Dalam usahanya itu raja mendapat dukungan dari pihak kalangan para imam dan para nabi. Saat itu Allah mengutus nabi Yeremia untuk mengingatkan bangsa Yehuda tentang peristiwa sejarah di gunung Sinai ketika nenek moyang mereka membuat perjanjian dengan Allah, setelah dibebaskan dari perbudakan tanah Mesir (ay.3-5). Di dalam perjanjian itu terdapat jalan kehidupan bagi umat pilihan. Jika mereka mentaati kehendakNya dan menyembahNya dengan segenap hati, maka Allah akan memberkati mereka secara materi dan rohani dengan berkelimpahan. Yeremia menyerukan agar Yehuda kembali pada perjanjian dengan Tuhan karena mereka telah mengingkari perjanjianNya. Mereka yang dulu berkata, "begitulah hendaknya, ya Tuhan" kini berbalik meninggalkan Tuhan. Karena perjanjian itu bersyarat, maka dalam murkaNya, Allah berfirman bahwa Ia tidak akan mendengar seruan umatNya (ay.11,14), yakni mereka yang tidak berkomitmen pada perjanjianNya (ay.8). Kutuk dan malapetaka akan Allah timpakan kepada umatNya (ay.3,17), puncaknya pada pembuangan. Ini adalah hukuman atas pelanggaran perjanjian yang telah dilakukan umat Allah. Jika Anda ingin hidup dalam anugerahNya, maka berkomitmenlah untuk menaati perjanjianNya. Sebab, saat ini kita hidup dalam ikatan perjanjian baru bersama Kristus.

TUHAN dan umatNya terikat pada ikatan perjanjian dan janji-janjiNya akan digenapi jika syaratnya terpenuhi yaitu umatNya hidup berpegang pada perjanjianNya.

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 11:8 "Tetapi mereka tidak mau mendengarkan ataupun memperhatikannya, melainkan mereka masing-masing mengikuti kedegilan hatinya yang jahat; maka Aku telah mendatangkan ke atas mereka segala perkataan perjanjian ini, yang telah Kuperintahkan dipegang, tetapi mereka tidak memegangnya."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 30'11'18 : 2Kor. 4 - 6

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT