Devotion 1096 : JANGAN PASIF!!!

Devotion 1096 - Dr. Heintje Kobstan
JANGAN PASIF!!!
Bacaan: Yesaya 62

Israel adalah umat pilihan TUHAN yang terpilih dari seluruh bangsa yang ada. Apakah karena Israel adalah bangsa yang kudus, memiliki kekayaan, penduduknya terpandang? Tidak! Malah mereka disebut umat yang tegar tengkuk. Pemilihan TUHAN bukan didasarkan hal yang lahiriah, ini adalah kedaulatan TUHAN. Karena tegar tengkuknya itu maka TUHAN menghajar mereka masuk dalam pembuangan. Namun berbagai julukan telah diberikan bangsa-bangsa kepada Sion, seperti: "yang ditinggalkan suami" dan "yang sunyi". Julukan-julukan tersebut akan segera ditanggalkan dan diganti dengan nama baru: "yang berkenan kepadaKu". Apakah ini karena pertobatan Israel? Tidak, TUHAN akan menunjukkan perkenananNya kepada yang dikenanNya.

Salah satu pengampunan terindah di antara manusia adalah ketika seorang suami mengampuni istri atau sebaliknya dan menerimanya kembali menjadi pasangannya. Peristiwa ini sering dipakai di dalam Alkitab untuk menggambarkan kasih Allah kepada umatNya. Janji pemulihan bagi Israel ini tidak serta merta membuat Israel hanya bersikap pasif dan menunggu datangnya keselamatan itu. TUHAN bukan pendusta, janji-janjiNya itu ya dan amin. Tetapi mengapa umat TUHAN tidak boleh bersikap pasif? Disinilah terlihat bahwa umat TUHAN harus berpartisipasi aktif dalam proses keselamatan sampai keselamatan itu dialami sepenuhnya. Hal ini mengandung maksud eskatologis, bahwa keselamatan itu sudah tetapi belum, belum dialami sepenuhnya. Kapan keselamatan itu dinyatakan sempurna, yaitu ketika Kristus datang kedua kalinya untuk menjemput para kudusNya. Karena itu, umat TUHAN jangan berdiam diri, aktiflah dalam mengerjakan keselamatanmu. Jangan biarkan TUHAN juga berdiam diri bagimu. Ingatkan TUHAN selalu akan janji-janjiNya. Tetapi apakah TUHAN pelupa? Tidak, karena itu adalah demi kebaikan umatNya. Dengan mengingatkan TUHAN akan janji-janjiNya, secara tidak langsung umat TUHAN akan selalu berpegang pada janji-janjiNya dan tidak akan beralih pengharapannya dari TUHAN yang akan menggenapi janji-janjiNya itu.

Dengan mengingatkan TUHAN akan janji-janjiNya maka secara tidak langsung umat TUHAN akan selalu berpegang dan tidak akan beralih pengharapannya dari TUHAN yang akan menggenapi janji-janjiNya itu.

#passionateheintje.blogspot.com
Yesaya 62:7 "...dan janganlah biarkan Dia tinggal tenang, sampai Ia menegakkan Yerusalem dan sampai Ia membuatnya menjadi kemasyhuran di bumi."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 10'11'18 : Kisah 1 - 3

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT