Devotion 1104 : KEMBALILAH KE DALAM PELUKAN KASIH TUHAN

Devotion 1104 - Dr. Heintje Kobstan
KEMBALILAH KE DALAM PELUKAN KASIH TUHAN
Bacaan: Yeremia 4

Ego manusia bisa membuat kehancuran, apalagi jika itu dipertahankan pada waktu membangun kehidupan rumah tangga. Pernikahan membutuhkan komunikasi yang baik, rasa saling percaya, meninggalkan keegoisan, dan berdasarkan cinta yang tulus dan murni. Namun apa yang terjadi dengan Israel? Mereka justru menyia-nyiakan cinta TUHAN yang tulus. Israel telah menggadaikan cintanya kepada para berhala-berhala. Tetapi TUHAN yang mencintai Israel dengan tulus dan murni tetap mengharapkannya untuk kembali padaNya.

TUHAN tiada hentinya membujuk Israel untuk meninggalkan berhala-berhala itu dan kembali kepelukanNya. Tetapi mereka tetap bersikeras tetap dalam pelukan berhala. Karena keras kepala mereka TUHAN akan menghajar Yehuda. Siapakah yang membawa petaka bagi Yehuda? Bila dilihat dari jalur yang biasa ditempuh, "utara" merupakan arah masuk yang lazim dari Babel atau Asyur ke Palestina. Boleh jadi, yang Yeremia bayangkan adalah pasukan Babel yang kelak menawan kerajaan Yehuda (bdk.Yer. 32). Dan memang pada akhirnya Yehuda harus mengalami pembuangan ke Babel karena kekerasan hatinya. Padahal TUHAN telah menawarkan perlindungan jika mereka bertobat yang ditandai sunat hati seperti yang dinantikan TUHAN. Tetapi mengapa para nabi atau imam tidak memberitakan atau memperingatkan Yehuda tentang hukuman tersebut? Karena ternyata merekapun mengejar laba dengan tipu daya, dengan memberitakan "damai sejahtera" (Yer. 6:13-14), tetapi Tuhan yang dituduh memperdaya mereka (ay.10)! Baik pemimpin maupun umat telah menyimpang jauh dan menyia-nyiakan kasih TUHAN. Jadi apakah yang harus dilakukan? Yeremia tidaklah merasa lebih suci, Kudus sehingga ia merasa layak untuk menegor Israel & Yehuda tetapi yang ia lakukan adalah menangisi bangsa ini dan memohon anugerahNya TUHAN. Ia juga menyerukan agar bangsa ini berbalik dan bertobat dari kesesatan mereka dan kembali lagi dalam pelukan TUHAN. Bahwa TUHAN tetap membuka tangan kasihNya dan menantikan pertobatan bangsa ini.

Janganlah menjauh dari kasih TUHAN  karena suatu kebodohan jika kita tidak bertobat dan kembali kedalam pelukan kasihNya.

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 4:22 "Sungguh, bodohlah umat-Ku itu, mereka tidak mengenal Aku! Mereka adalah anak-anak tolol, dan tidak mempunyai pengertian! Mereka pintar untuk berbuat jahat, tetapi untuk berbuat baik mereka tidak tahu."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 22'11'18 : Roma 10 - 12

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT