Devotion 938 : PENYERTAANNYA AJAIB DAN SEMPURNA

Devotion 938 -  Dr. Heintje Kobstan
PENYERTAANNYA AJAIB DAN SEMPURNA
Bacaan : Mazmur 105

Don't look back adalah kalimat yang sering kita dengar atau baca. Kalimat ini mengajak kita untuk melupakan masa lalu dan menatap masa depan. Tetapi adakalanya kita harus mengingat masa lalu sebagai pijakan bagi kita untuk melangkah ke masa depan. Dalam mazmur ini kita diajak untuk melihat kebelakang untuk melihat karya Tuhan atas hidup kita. Pemazmur bermaksud untuk membangkitkan rasa syukur di dalam umat itu atas pemeliharaan Tuhan di dalam hidup mereka, sukacita karena memiliki tanah kudus, dan kesetiaan kepada Dia dan firmanNya.

Dalam mazmur sebelumnya, kita diajar untuk memuji Allah atas pekerjaan-pekerjaanNya yang ajaib dalam memelihara dunia ini secara umum. Dalam mazmur ini kita dituntun untuk memuji Dia atas kebaikan-kebaikanNya yang istimewa terhadap jemaatNya. Ajakan untuk Bersyukurlah, serukanlah, bernyanyilah, percakapkanlah, bermegahlah, bersuka hati, carilah, ingatlah merupakan petunjuk-petunjuk rinci dari pemazmur menunjukkan makna dari memuji Tuhan. Karya-karya ajaib Allah (ayat 2b,5a), penghukumanNya (ayat 7), kesetiaanNya pada perjanjianNya (ayat 8-11), yang dialami umat Israel zaman Keluaran, patut menjadi pusat perenungan umat Allah seterusnya. Hal-hal tersebut adalah sebagian kecil bentuk nyata kemuliaan Allah yang tak terukur besarnya. Calvin menuliskan bahwa mazmur ini bertujuan mengokohkan keyakinan kita tentang masa depan agar kita tidak hidup dalam keadaan takut dan khawatir terus-menerus dalam dunia ini, sebagaimana yang lazim kita lakukan apabila Allah tidak menyaksikan bahwa Dia telah memberikan dunia ini menjadi tempat kediaman manusia. Jadi, renungkanlah bagaimana Tuhan menuntun hidup kita melewati berbagai keadaan kehidupan sampai hari ini. Penyertaan Tuhan itu ajaib dan sempurna bagi kita karena itu bersyukurlah dan tetaplah percaya padaNya.

Bersyukurlah sebab penyertaan Tuhan atas umatNya dari masa ke masa adalah ajaib dan sempurna.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 105:5 "Ingatlah perbuatan-perbuatan ajaib yang dilakukan-Nya, mujizat-mujizat-Nya dan penghukuman-penghukuman yang diucapkan-Nya,"

Pembacaan Alkitab Setahun (BERGEMA):
Tgl. 08'03'18 = Yosua 16 ~ 18

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT