Devotion 941 : HATIKU UNTUKMU

Devotion 941 -  Dr. Heintje Kobstan
HATIKU UNTUKMU
Bacaan : Mazmur 108

Dalam tiga pasal berturut-turut sebelum ini, umat Allah diingatkan tentang perbuatan Allah, ketidaksetiaan umat, kebaikan Allah. Kebaikan Allah telah membuat Israel tidak punah, tetapi beroleh anugerah untuk kembali dari pembuangan. Dalam tiap ulasan itu, selalu umat didorong untuk memuji Allah sebagai respons terhadap kasih kekal Allah yang demikian besar. Pujian adalah lawan dari pemberontakan dan ketidakberimanan. Karena itu dalam pasal ini, Pemazmur menyadari bahwa dalam keadaan apapun, ia harus terus mempersiapkan hatinya untuk selalu memuji dan menyembah TUHAN.

Dalam mazmur ini, Pemazmur menyatakan bahwa Allah adalah Allah yang kasih setia-Nya mengatasi langit (ay. 5). Kesetiaan Allah tidak pernah luntur. Paulus berkata, "Jika kita tidak setia, Dia tetap setia, karena Dia tidak dapat menyangkal diri-Nya" (ay. 2; Tim. 2:13).  Pemazmur juga menyatakan bahwa kemuliaan Allah mengatasi seluruh bumi (ay. 6) dan karena kemuliaan itu maka umat yang dicintai-Nya diluputkan dan diselamatkan (ay. 7) oleh-Nya. Dalam kepercayaan dunia kuno ketika dua bangsa bertempur, maka para allahlah yang sebenarnya bertempur. Karena itu kemuliaan Allah terkait dengan kemenangan umat yang menyandang nama-Nya. Pemazmur juga menyadari akan kemahakuasaan TUHAN sehingga IA adalah satu-satunya harapan bagi umat-Nya untuk terlepas dari kesesakan. Dengan demikian maka kita bisa memuji TUHAN dan berkata, "Dengan Allah akan kita lakukan perbuatan-perbuatan gagah perkasa, sebab Ia sendiri akan menginjak-injak para lawan kita." Biarlah hatimu menjadi teguh dan selalu siap untuk memuji dan menyembah TUHAN karena telah mengalami pengalaman demi pengalaman berjalan bersama TUHAN. Dan engkau pun akan berkata apapun yang terjadi, hatiku selalu untuk-Mu TUHAN.

Apapun yang terjadi, biarlah hatimu tetap memuji dan menyembah TUHAN.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 108:1 "Nyanyian. Mazmur Daud. Hatiku siap, ya Allah, aku mau menyanyi, aku mau bermazmur. Bangunlah, hai jiwaku,... "

Pembacaan Alkitab Setahun (BERGEMA):
Tgl. 11'03'18 = Hakim 1 ~ 3

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT