Devotion 947 : BEBAS DARI PERBUDAKAN

Devotion 947 -  Dr. Heintje Kobstan
BEBAS DARI PERBUDAKAN
Bacaan : Mazmur 114

Peristiwa Israel keluar dari Mesir merupakan suatu peristiwa yang luar biasa dimana disebut inilah peristiwa kelahiran bangsa yang besar yaitu Israel. Kelahiran bangsa Israel bukan karena perbuatan manusia tetapi karya Tuhan yang besar. Allah membawa umat-Nya keluar dari negeri yang asing bahasanya ke negeri mereka sendiri yaitu tanah perjanjian. Mereka dipaksa keluar dari Mesir karena Tuhan melakukan peristiwa yang dahsyat bagi Mesir. Peristiwa itu adalah paskah dan kematian anak sulung di Mesir. Pemazmur mencoba mengingatkan kembali akan peristiwa ajaib ini.

Pembebasan umat Israel dari Mesir melahirkan jemaat dan bangsa, yang didirikan pada waktu itu, dan dibentuk setelah itu. Oleh sebab itu, perbuatan ajaib ini haruslah senantiasa diingat dan Allah bermegah di dalamnya. Dalam bagian pengantar pada sepuluh perintah, dan dalam Hosea 11:1, “Dari Mesir Kupanggil anak-Ku.” Allah menuntun Israel keluar dari rumah perbudakan dengan tangan yang teracung dan lengan yang terentang. Mereka keluar dari bangsa biadab, yang telah memanfaatkan mereka secara biadab, dari bangsa yang asing bahasanya (Mzm. 81:6). Orang-orang Israel, tampaknya, mempertahankan bahasa mereka secara murni di antara mereka sendiri, dan tidak ambil peduli untuk mempelajari bahasa para penindas mereka. Dengan pembedaan dari orang-orang Mesir ini, mereka menjaga suatu pertanda akan pembebasan mereka. Ketika Ia membebaskan mereka dari tangan para penindas mereka, hal itu dilakukan agar mereka dapat beribadah kepada-Nya baik dalam kekudusan maupun dalam kebenaran. Kita pun telah dipanggil dan dipilih untuk keluar dari perbudakan dosa (Mesir) menjadi umat Tuhan (Israel rohani) yang memberitakan kemuliaan Tuhan.

TUHAN yang telah membebaskan kita dari perbudakan dosa dan memberi hidup dalam kasih anugerahNya karena itu hiduplah dalam kehendak TUHAN.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 114:1 "Pada waktu Israel keluar dari Mesir, kaum keturunan Yakub dari bangsa yang asing bahasanya,.. "

Pembacaan Alkitab Setahun (BERGEMA):
Tgl. 19'03'18 = 1Sam. 1 ~ 3

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT