Devotion 939 : JATUH BANGUN AKU

Devotion 939 -  Dr. Heintje Kobstan
JATUH BANGUN AKU
Bacaan : Mazmur 106

Kejatuhan manusia ke dalam dosa telah membuat dosa mencengkram kehidupannya. Adam yang diciptakan menurut gambar dan rupa Allah tetapi karena dosa maka semua keturunan Adam menerima warisan dosa darinya dan terikat dalam dosa bersamanya. Hal inilah yang membuat manusia hidup dan memiliki natur dosa bahwa manusia telah kehilangan kemuliaan Tuhan dan dosalah yang menguasai manusia. Tetapi hal ini tidaklah membuat Tuhan kehilangan kasih setia kepada manusia. Dari generasi ke generasi Tuhan tetap menyatakan kasih setiaNya. Israel adalah contoh dimana kasih setia Tuhan tetap dinyatakan.

Pemazmur menuliskan bahwa Israel telah mengalami jatuh bangun dalam dosa dan kejahatan. Baru saja mereka mengalami kebaikan dan pertolongan Tuhan tetapi dalam sekejap mereka bisa melupakannya dan berbalik menjadi musuhNya. Pemazmur menyatakan bahwa umat Allah telah berdosa (ay. 6), melupakan perbuatan-perbuatanNya (ay. 13), mencobai Allah (ay. 14), cemburu (ay. 16), menyembah berhala (ay. 19, 28), tidak percaya kepada firmanNya (ay. 24), tidak taat (ay. 34), menajiskan diri (ay. 39), dll. Sehingga setiap kali mereka berdosa dan memberontak kepada TUHAN maka IA akan menghukum mereka sangat dahsyat dengan memakai alam (ay. 17, 18) dan musuh (ay. 26, 27, 42). Namun ketika dalam penghakiman Allah yang dahsyat umat kembali berseru, maka Allah menilik kesusahan mereka (ay. 44). Sesuai dengan perjanjian dan kasih setiaNya yang besar (ay. 45), mereka diselamatkan dari pihak yang menawan mereka (ay. 46). Israel adalah gambaran umat Tuhan, bagaikan Bapa yang selalu menerima AnakNya kembali kepangkuan dan mengasihinya. Kasih setia itu dinyatakanNya di dalam diri Yesus Kristus,  sehingga setiap orang yang percaya padaNya dan hidup dalam anugerah keselamatan tidak akan binasa tetapi beroleh hidup kekal karena kasih setiaNya. Bersyukurlah karena kasih setia TUHAN itu tetap ada untuk selama-lamanya.

Kasih setia TUHAN tetap melekat pada diriNya sehingga Ia mengasihi manusia walau dalam keberdosaan mereka dan memberikan keselamatan kepada mereka yang percaya pada Yesus Kristus.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 106:1 "Haleluya! Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya."

Pembacaan Alkitab Setahun (BERGEMA):
Tgl. 09'03'18 = Yosua 19 ~ 21

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT