Devotion 943 : DIALAH MESIAS

Devotion 943 -  Dr. Heintje Kobstan
DIALAH MESIAS
Bacaan : Mazmur 110

Beberapa orang menyebut mazmur ini sebagai pengakuan iman Daud, karena hampir semua pengakuan iman Kristen ada di dalamnya. Namun, ini bukan hanya sekedar pengakuan iman saja tetapi berbicara nubuatan tentang Mesias. Daud mengucapkan nubuatan tentang raja yang akan datang yang berasal dari keturunannya sendiri, atau disebut Anak Daud. Namun takhta dan kekuasaanNya jauh melebih dari yang dimiliki Daud sehingga ia menyebutnya, tuanku. Kata "tumpuan kaki" dipakai oleh Daud yang menggambarkan jika seorang raja kalah dalam peperangan maka dia akan merebahkan diri dan menjadi tumpuan kaki pemenang.

Raja itu adalah anaknya sendiri, Anak Daud. Namun kemuliaan dan kuasa-Nya jauh melampaui dia sehingga dia menyebut Anak -Nya sebagai "tuanku" (ay. 1). Ia juga Imam. Maka tepatlah kita memakai julukan "Raja-Imam - Nabi" untuk Yesus Kristus. Dan hal ini dikuatkan oleh prinsip Melkisedek. Dalam hidup Abraham pernah terjadi peristiwa luar biasa, yaitu ia memberikan persembahan kepada Melkisedek. Hal ini dilihat oleh Ibr. 5 sebagai digenapi penuh dalam diri Yesus Kristus. Yesus adalah Imam Besar Agung, tetapi bukan menurut garis keturunan Harun melainkan karena prinsip Melkisedek. Abraham moyang Harun berkedudukan di bawah Melkisedek, maka imamat Harun tunduk ke bawah imamat Yesus Kristus! Apa yang bisa kita pelajari dari mazmur ini? Yesus adalah Mesias dengan jabatan raja-imam-nabi. Sebagai Raja, Yesus telah mengalahkan musuh-musuh bangsa (ay. 1). Sebagai Imam, Yesus mengorbankan diri-Nya sebagai korban persembahan kepada Tuhan. Sebagai Nabi, Dialah Sang Firman, nabi dalam arti sepenuhnya. Kehidupan, kematian dan kebangkitan Yesus Kristus telah menyatakan Kerajaan Allah pada dunia.

Yesus Kristus Tuhan bukan saja sebagai Penyelamat umat manusia tetapi Ia juga adalah Raja atas dunia dan semesta.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 110:4 "TUHAN telah bersumpah, dan Ia tidak akan menyesal: "Engkau adalah imam untuk selama-lamanya, menurut Melkisedek."

Pembacaan Alkitab Setahun (BERGEMA):
Tgl. 13'03'18 = Hakim 7 ~ 9

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT