Devotion 936 : TIDAK BERSEMANGAT? LAKUKAN INI!

Devotion 936 -  Dr. Heintje Kobstan
TIDAK BERSEMANGAT? LAKUKAN INI!
Bacaan : Mazmur 103

Apa yang akan engkau lakukan ketika berada dalam kondisi kehilangan pengharapan dan semangat hidup? Pasti butuh orang untuk membangkitkan kembali semangat itu. Tetapi yang lebih manjur adalah kesadaran kita, yaitu kebangkitan dari dalam diri sendiri. Ini yang dialami Pemazmur didalam mazmur ini. Ia berbicara kepada jiwanya (nepesh) sendiri dan kepada batinnya. Ia mengingatkan kembali akan pengalamannya berjalan bersama Tuhan dan bagaimana karya Tuhan dalam kebaikan-kebaikanNya atas hidup Pemazmur. Pengalaman kebaikan apakah yang dialami Pemazmur sehingga imannya kuat kembali dan semangatnya bangkit lagi?

Bahwa, Tuhan telah mengampuni segala kesalahan Pemazmur sehingga ia tidak hidup dalam tuduhan dosa lagi. Pengampunan terus berlanjut karena manusia masih berdosa dan bertobat. Tuhan juga telah menyembuhkan Pemazmur. Kebobrokan sifat manusia merupakan penyakit jiwa yang akan mendatangkan maut baginya. Kebobrokan ini disembuhkan dalam pengudusan. Ketika dosa dimatikan, penyakit disembuhkan. Kristus dijadikan sebagai kebenaran untuk membenarkan jiwa, dan Ia pun dikuduskan untuk menguduskan jiwa itu (1 Kor. 1:30). Tuhan telah menyelamatkan hidup Pemazmur dari lubang kubur, dari si pembinasa, dari neraka (demikian menurut terjemahan bahasa Aram), dari kematian kedua. Bukan hanya menyelamatkan tetapi juga memahkotai Pemazmur dengan kasih setia dan rahmat. Ini suatu anugerah bagi Pemazmur, mahkota berbicara tentang martabat. Martabat yang diterima Pemazmur adalah diangkat masuk ke dalam kasih dan kebaikan Tuhan. Dan Tuhan memuaskan hasrat Pemazmur dengan kebaikan. Hanya kebaikan dan anugerah Allah yang dapat memberikan kepuasan kepada jiwa. Apa yang dialami Pemazmur telah membuat ia bersemangat kembali, seperti masa mudanya bahkan digambarkan seperti burung rajawali yang bisa berusia panjang hanya dengan merontokkan semua bulunya dan menjadi muda kembali.

Jika engkau sedang lemah tak bersemangat dan merasa hidupmu tak berarti lagi maka ingatkan kepada jiwamu akan semua perbuatan kebaikan Tuhan dalam hidupmu.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 103:2 "Pujilah TUHAN, hai jiwaku, dan janganlah lupakan segala kebaikan-Nya!"

Pembacaan Alkitab Setahun (BERGEMA):
Tgl. 04'03'18 = Yosua 10 ~ 12

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT