Devotion 949 : DILUPUTKAN DARI KESUSAHAN

Devotion 949 -  Dr. Heintje Kobstan
DILUPUTKAN DARI KESUSAHAN
Bacaan : Mazmur 116

Ungkapan Pemazmur, "Aku mengasihi TUHAN," bukanlah hanya sekedar perkataan tetapi keluar sebagai ucapan syukur karena pertolongan Tuhan atasnya. Tuhan mendengar seruan Pemazmur karena begitu kesusahan yang dialaminya. Tali-tali maut telah meliliti Pemazmur (kjv: dukacita-dukacita maut – pen.), maksudnya, dukacita-dukacita yang begitu rupa sehingga mungkin akan mendatangkan maut baginya, dukacita-dukacita yang dianggap sebagai sengat maut itu sendiri. Mungkin kesakitan tubuh yang begitu hebat, atau kegelisahan pikiran, disebut di sini sebagai kegentaran terhadap dunia orang mati (kjv: kesakitan-kesakitan neraka – pen.), serangan menakutkan terhadap hati nurani yang timbul oleh karena rasa bersalah.

Perhatikanlah, dukacita-dukacita maut adalah dukacita yang hebat, dan kesakitan-kesakitan neraka adalah penderitaan yang hebat. Tetapi, ketika Pemazmur mengalami hal itu, ia menyerukan nama TUHAN: "Ya TUHAN, luputkanlah kiranya aku!" Dan TUHAN meluputkan hidupnya dari maut. Keluputan itu diberikan kepada jiwa Pemazmur, ia terluput dari kematian karena pertolongan Tuhan. Tuhan juga meluputkannya dari air mata, meluputkannya dari dukacita yang berlebihan karena Ia adalah tempat penghiburan yang sejati. Dan Pemazmur juga diluputkan kakinya supaya tidak tersandung, saat kaki kita hampir terperosok, sehingga meskipun kita masuk ke dalam pencobaan, kita tidak dikalahkan dan diombang-ambingkan oleh pencobaan itu karena Tuhan yang memegang tangannya. Tiga keluputan ini yang membuat Pemazmur sungguh merasakan kebaikan Tuhan yang besar dan hatinya penuh ucapan syukur. Dengan demikian maka Pemazmur dapat merasakan ketenangan jiwa karena terbebas dari kesusahan besar. Allah adalah tempat peristirahatan bagi jiwa. Hanya di dalam Dia jiwa dapat menetap dalam kebahagiaan. Karena itu, jika engkau sedang berada dalam kesusahan besar maka berserulah kepada TUHAN dan percayalah kepadaNya maka Ia akan meluputkan engkau dari segala malapetaka.

Berserulah kepada TUHAN disaat engkau mengalami kesusahan maka Ia akan meluputkanmu dan memberikan ketenangan pada jiwamu.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 116:8 "Ya, Engkau telah meluputkan aku dari pada maut, dan mataku dari pada air mata, dan kakiku dari pada tersandung."

Pembacaan Alkitab Setahun (BERGEMA):
Tgl. 23'03'18 = 1Sam. 13 ~ 15

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT