Devotion 934 : CARA HIDUP KERAJAAN

Devotion 934 -  Dr. Heintje Kobstan
CARA HIDUP KERAJAAN
Bacaan : Mazmur 101

Mazmur ini mungkin ditulis ketika Daud menjadi raja, segera setelah kematian Saul (seperti yang dipikirkan sebagian orang), atau ketika ia mulai berkuasa atas seluruh Israel, dan menggotong tabut perjanjian ke kota Daud (seperti yang dipikirkan sebagian yang lain). Mana yang benar tidaklah pasti, tetapi itu tidaklah penting. Mazmur ini adalah semacam "pidato kenegaraan" seorang raja berhikmat waktu dilantik. Pidato itu merupakan deklarasi tentang prinsip-prinsip yang mendasari seorang raja yang hendak memerintah. Meskipun sebagai seorang raja, Daud ingin mengikat dirinya dengan janji yang sungguh-sungguh untuk bertingkah laku baik, sesuai etika rajani.

Apa yang ingin dilakukan Daud adalah kesesuaian perbuatan dengan kecenderungan hati dan ini adalah integritas hidup pemimpin yang berkenan di hati Allah. Ungkapan puncak integritas pemimpin ini dinyatakannya dalam keinginan melenyapkan semua orang jahat, suatu niat yang sebenarnya hanya merupakan hak Allah. Mengatakan demikian berarti sang pemimpin menyadari bahwa dirinya adalah wakil Allah yang harus bertindak serasi dengan keadilan dan kebenaran Allah, tanpa kompromi. Daud melakukan hal ini karena Taurat hidup di dalam dirinya sehingga Taurat mendorongnya untuk menjunjung tinggi etika rajani. Sebagai umat Tuhan, maka hidup kita adalah perwakilan Kerajaan Allah di muka bumi ini. Karena itu cara hidup kita adalah cara hidup kerajaan Allah atau etika rajani. Cara hidup kerajaan Allah itu dinyatakan dalam kebenaran firman Tuhan. Apabila kita menjadikan firman Tuhan sebagai aturan kita, dan kita diatur olehnya, dan kemuliaan Allah sebagai tujuan kita, dan berusaha mencapainya, maka kita berjalan di jalan yang sempurna dengan hati yang sempurna.

Umat Tuhan adalah perwakilan kerajaan Allah di muka bumi sehingga cara hidup umat Tuhan harus sesuai etika rajani atau cara hidup kerajaan Allah.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 101:6 "Mataku tertuju kepada orang-orang yang setiawan di negeri, supaya mereka diam bersama-sama dengan aku. Orang yang hidup dengan cara yang tak bercela, akan melayani aku."

Pembacaan Alkitab Setahun (BERGEMA):
Tgl. 04'03'18 = Yosua 4 ~ 6

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT