Devotion 950 : TIDAK SESEDERHANA SYAIRNYA

Devotion 950 -  Dr. Heintje Kobstan
TIDAK SESEDERHANA SYAIRNYA
Bacaan : Mazmur 117

Mazmur ini merupakan mazmur yang paling pendek dari semua mazmur yang ada. Namun bukan berarti nyanyian yang singkat ini tidak mengandung arti yang dalam. Dua ayat tersebut berisi satu pujian lengkap. Ayat pertama, dengan bentuk paralelisme kaku, mengemukakan panggilan bagi semua orang untuk memuji Tuhan. Ayat kedua, dengan bentuk yang sama, melengkapi seruan tersebut dengan mengemukakan alasan-alasan mengapa perlu memuji Tuhan. Benar-benar bersifat universal, seruan itu mencakup semua bangsa dan suku bangsa.

Syair mazmur ini terlihat sederhana tetapi jika kita memahaminya dengan benar, maka kita akan menyanyikannya dengan penuh ucapan syukur karena manisnya mazmur ini, terutama bagi kita para pendosa bukan Yahudi, yang mendapat perhatian istimewa dalam mazmur ini. Terkandung banyak hal yang berkaitan dengan Injil dalam mazmur ini. Rasul Paulus sudah memberi kita kunci untuk memahaminya (Rm. 15:11), di mana ia mengutipnya sebagai bukti bahwa Injil akan diberitakan kepada, dan akan disambut oleh, bangsa-bangsa bukan Yahudi. Hal ini karena panggilan ini belum diberikan pada waktu itu kepada satu bangsa bukan Yahudi mana pun, apalagi kepada semuanya, dalam bahasa yang mereka mengerti. Di samping itu, mereka tidak diperbolehkan memuji Allah bersama-sama dengan orang-orang Yahudi, kecuali mereka masuk agama Yahudi dan disunat. Tetapi Injil Kristus diperintahkan untuk diberitakan kepada segala bangsa, dan melalui Dia dinding pemisah dirubuhkan, dan orang-orang yang tadinya jauh dibuat dekat. Inilah misteri yang tersembunyi selama berabad-abad dalam nubuatan, tetapi yang pada akhirnya disingkapkan dalam penggenapannya, bahwa orang-orang bukan Yahudi turut menjadi ahli-ahli waris (Ef. 3:3, 6).

Hai segala bangsa pujilah Tuhan dan percayalah padaNya sebab keselamatan didalam Yesus Kristus telah diberikan kepada segala suku, kaum dan bahasa.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 117:Pujilah TUHAN, hai segala bangsa, megahkanlah Dia, hai segala suku bangsa!"

Pembacaan Alkitab Setahun (BERGEMA):
Tgl. 24'03'18 = 1Sam. 16 - 19

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT