Devotion 942 : KETIKA DIRIMU DIFITNAH

Devotion 942 -  Dr. Heintje Kobstan
KETIKA DIRIMU DIFITNAH
Bacaan : Mazmur 109

Pernahkah engkau difitnah? Bagaimana perasaanmu ketika engkau difitnah? Apa yang kau lakukan ketika engkau difitnah? Pada siapa engkau mengadu ketika engkau difitnah? Pemazmur mengalami pengalaman difitnah oleh musuh-musuhnya. Pemazmur disini adalah raja Daud, tidak diketahui pasti siapa musuh yang telah memfitnahnya. Bisa saja itu ketika ia dikejar-kejar Saul, ataukah Absalom anaknya, ataukah Doeg atau Ahitofel. Tetapi sudah pasti ia menghadapi fitnahan yang sangat kejam dan ini tergambarkan dalam mazmur ini.

Pemazmur menaikkan doa memohon Allah menghakimi dan menghukum orang yang fasik dan penuh tipu muslihat. Doa ini mencerminkan suatu keinginan agar keadilan terwujud di bumi melalui hukuman adil atas penjahat-penjahat besar yang merugikan orang lain demi keuntungan pribadi. Bahkan doa Pemazmur ini dikenal sebagai doa kutukan yang sangat dahsyat kepada mereka yang memfitnahnya. Mengapa? Karena penderitaan Pemazmur yang dianiaya, difitnah dan dituduh oleh musuh-musuhnya dengan kejam. Sambil mengutuk mereka Pemazmur meminta supaya Tuhan juga mengutuk mereka tanpa kenal ampun, (ay. 6-20,29). Hukuman itu dilukiskan dengan bahasa penghebat dan kiasan sesuai dengan hukum pembalasan Perjanjian Lama, (Kel 21:25). Tetapi Pemazmur dalam menghadapi fitnahan ini, dia tidak membalas, ataupun mengadu kepada orang lain. Pemazmur hanya menaikkan doa kepada Tuhan karena dia tahu hanya Tuhanlah yang layak untuk menjadi Hakim antara dia dan musuhnya. Pemazmur tahu bahwa jika Tuhan yang memberkati hidupnya maka tak akan ada satupun kutuk yang dilayangkan musuh-musuhnya akan menimpanya. Karena itu, jika engkau difitnah ataupun dikutuk, berdoalah kepada Tuhan yang akan menjadi Hakim dan Pembelamu. Jangan membalas ataupun mengharapkan pertolongan dari manusia, karena pembalasan itu adalah hak Tuhan.

Jika engkau difitnah atau dikutuk, jangan membalasnya tetapi serahkan kepada Tuhan yang adalah Hakim dan Pembelamu.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 109:28 "Biar mereka mengutuk, Engkau akan memberkati; biarlah lawan-lawanku mendapat malu, tetapi hamba-Mu ini kiranya bersukacita."

Pembacaan Alkitab Setahun (BERGEMA):
Tgl. 12'03'18 = Hakim 4 ~ 6

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT