Devotion 953 : TIDAK TERCEMAR

Devotion 953 -  Dr. Heintje Kobstan
TIDAK TERCEMAR
Bacaan : Mazmur 120

Mazmur ziarah merupakan mazmur yang dinyanyikan umat sementara berlangsung prosesi ziarah menuju Yerusalem dan Bait Allah. Tiga kali setahun umat Israel menghadap Tuhan di sana, untuk merayakan ibadah nasional sesuai dengan petunjuk Taurat. Pikiran agung yang terkandung dalam mazmur ziarah ini ialah bahwa Allah yang menciptakan langit dan bumi meluangkan waktu untuk memperhatikan dan memperdulikan semua orang yang mengandalkan diri-Nya dan firman-Nya. Kejahatan tidak akan dibiarkan menghancurkan persekutuan mereka dengan Dia (Rom 8:28-39).

Pemazmur berada ditengah-tengah lingkungan orang-orang yang suka berbicara dusta. Mereka adalah orang yang kasar lidah, berjiwa penipu, tukang gosip, makian, fitnah, dan berbagai kosa kata "kebun bintang" yang menjadi ciri sehari-hari di sekelilingnya.  Pemazmur yang hidupnya dibentuk dalam kebenaran firman Tuhan pastilah merasa tertekan ketika berada ditengah kumpulan orang-orang ini. Sehingga dalam tekanan itu, dia berseru kepada Tuhan dan memohon kelepasan dari kelompok ini. Pemazmur merupakan satu-satunya orang yang tidak melalukan hal-hal seperti yang dilakukan oleh mereka yang tinggal di Mesekh dan Kedar (ay. 5). Mesekh dan Kedar adalah dua kota yang melambangkan kefasikan dan kedegilan dan Pemazmur cukup lama hidup ditengah-tengah mereka yang tidak suka akan perdamaian tetapi perang dan kekerasan. Disinilah dilihat bagaimana Pemazmur tidak tercemar mengikuti kehidupan mereka yang kasar mulut dan suka kekerasan. Firman Tuhan yang hidup dan bertumbuh kuat didalam diri Pemazmur membuat ia dapat menjaga integritasnya ditengah kehidupan yang jahat. Tanpa firman Tuhan, maka lingkungan yang buruk dapat membentuk pribadi seseorang menjadi buruk.

Mereka yang menghidupi firman Tuhan dan membiarkanNya bertumbuh kuat didalam hidupnya akan membuatnya tidak akan terpengaruh oleh lingkungan yang buruk sekalipun.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 120:6 (TB)  Cukup lama aku tinggal bersama-sama dengan orang-orang yang membenci perdamaian.

Pembacaan Alkitab Setahun (BERGEMA):
Tgl. 28'03'18 = 1Sam. 28 - 30

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT