Devotion 1052 : TUHAN ATAS SEMUA BANGSA

Devotion 1052 - Dr. Heintje Kobstan
TUHAN ATAS SEMUA BANGSA
Bacaan: Yesaya 18

Ketika seseorang dalam keadaan terjepit akibat masalah dan pada saat itu ada tawaran pertolongan maka biasanya pertolongan itu langsung diterima. Tanpa pikir panjang dan harapan untuk segera keluar dari masalah maka dengan segera tawaran itu diterima. Dalam pasal ini menceritakan tentang perkataan ilahi bagi Etiopia. Pada waktu Asyur menekan Israel maka Etiopia menawarkan bantuan kepada Israel. Etiopia pada jaman Yesaya menguasai Mesir. Mereka terkenal sebagai bangsa yang ditakuti dekat dan jauh, bangsa yang berkekuatan ulet dan lalim, dimana negerinya dilintasi sungai-sungai.

Sejarah membuktikan bahwa ucapan ilahi kepada Etiopia terbukti. Bangsa Etiopia di bawah pimpinan Piankhi telah menegakkan Dinasti Kelima Belas di Mesir, dan anak laki-laki Piankhi bernama Syabaka (II Raj. 17:4 disebut "So"). Syabaka juga bersekutu dengan Merodakh-baladan dari Babel, dan belakangan ia memberikan dorongan kepada Hizkia untuk memberontak terhadap Sanherib, yang akhirnya memukul pasukan Etiopia-Mesir di Eltekeh pada tahun 701 SM. Kemenakan laki-laki So, Tirhakah, memimpin satu operasi baru Mesir, tetapi akhirnya dipukul oleh Asyur-banipal pada tahun 667 SM. 7. Bangsa yang jangkung dan berkulit mengkilap ini menurut Yesaya akan mengalami kekalahan karena mereka bangsa yang lalim. Setelah Asyur dihukum Tuhan maka bangsa yang jangkung ini atau Etiopia akan memberikan persembahan kepada Tuhan semesta alam, yaitu datang ke gunung Sion. Meski mereka adalah bangsa asing dan bukan bangsa Israel, tetapi mereka layak untuk datang kepada Tuhan. Bahwa Tuhan adalah pemilik semesta alam dan pemilik bangsa-bangsa di dunia ini. Tuhan bukan hanya milik Israel saja, namun Ia adalah milik semua bangsa. Karena itu dibalik penghukuman itu, sesungguhnya ada kasih Tuhan.

TUHAN tidak membedakan kaum, suku dan bangsa di dunia ini karena Ia adalah pemilik semua bangsa jadi siapa saja bisa datang beribadah kepada TUHAN.

#passionateheintje.blogspot.com
Yesaya 18:7 "Pada waktu itu juga persembahan akan disampaikan kepada TUHAN semesta alam dari kaum yang jangkung dan berkulit mengkilap, dan dari kaum yang ditakuti dekat dan jauh, yakni bangsa yang berkekuatan ulet dan lalim, yang negerinya dilintasi sungai-sungai, ke tempat nama TUHAN semesta alam, yaitu gunung Sion."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 29'08'18 : Ratapan 4 - 5

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT