Devotion 1051 : HARUSNYA TERANG MENGUASAI GELAP

Devotion 1051 - Dr. Heintje Kobstan
HARUSNYA TERANG MENGUASAI GELAP
Bacaan: Yesaya 17

Koalisi adalah gabungan dari beberapa pihak misalnya negara, partai politik, dll. Koalisi Israel dengan Aram membuat Allah menghukum dan menelanjangi dosa Refaim (Israel Utara) yang telah berbalik menyembah berhala dan melupakan Allah. Kenapa harus dihukum? Israel yang adalah bangsa pilihan Tuhan mempunyai status yang berbeda dengan Aram yang menyembah berhala. Namun kini mereka diperlakukan sama dengan bangsa-bangsa kafir yang menyembah berhala, karena selama ini mereka sendiri bertindak seolah-olah bangsa kafir yang tidak kenal Allah.

Damsyik adalah ibukota Aram. Perikop ini adalah ucapan Ilahi terhadap Damsyik dan Efraim. Pada masa itu terbentuk sebuah aliansi koalisi untuk melawan kekuatan Asyur yang mulai menjadi ancaman bagi keberadaan bangsa-bangsa Timur Tengah kuno di sekitarnya. Pembentuk koalisi ini adalah dua negara yang bertetangga, yang sebenarnya telah berkoalisi sejak lama (sejak dinasti Omri), yaitu Siro-Fenisia dan Israel (kerajaan Utara). Bukan hanya koalisi politik dan militer, ternyata juga berhubungan dengan ibadah. Bukan Israel yang mempengaruhi Aram namun Aram sangat besar peranannya untuk membawa Israel kedalam penyembahan berhala. Atau disebutkan sebagai tindakan melacurkan diri kepada Baal. Sehingga Tuhan pun akan menghancurkan Aram dan Israel, hal ini pun menjadi kengerian yang besar bagi Yehuda. Hal ini menjadi pelajaran bagi kita umat Tuhan, agar ketika membangun persahabatan bukan gelap yang mempengaruhi terang tetapi teranglah yang harus mempengaruhi gelap. Karena itu, setiap penghukuman Tuhan mengandung harapan akan pertobatan, penyucian dan pemurnian kehidupan. Berilah dirimu bertobat jika hidupmu sedang dalam proses penghukuman Tuhan.

Dalam membangun persahabatan, bukanlah gelap yang menguasai terang namun seharusnya teranglah yang menguasai kegelapan.

#passionateheintje.blogspot.com
Yesaya 17:10 "Sebab engkau telah melupakan Allah yang menyelamatkan engkau, dan tidak mengingat gunung batu kekuatanmu. Sebab itu sekalipun engkau membuat taman yang permai dan menanaminya dengan cangkokan luar negeri,..."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 27'08'18 : Yeremia 49 - 52

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT