Devotion 1043 : HIDUP DALAM TERANG TUHAN

Devotion 1043 - Dr. Heintje Kobstan
HIDUP DALAM TERANG TUHAN
Bacaan: Yesaya 9

Habis gelap terbitlah terang merupakan judul dari buku kumpulan surat-surat R.A. Kartini kepada teman-temannya di Eropa. Pada surat-surat Kartini tertulis pemikiran-pemikirannya tentang kondisi sosial saat itu, terutama tentang kondisi perempuan pribumi yang terhambat kemajuannya karena faktor budaya. Kartini ingin keluar dari zona ketertinggalan itu untuk meraih kemajuan. Ini merupakan usaha manusia untuk keluar dari kegelapan. Tetapi pada waktu jaman nabi Yesaya, Tuhan menyatakan janjiNya melalui Yesaya bahwa bangsa yang berjalan dalam kegelapan telah melihat terang besar, mereka yang diam di negeri kekelaman atasnya terang telah bersinar.

Alkitab bukan membicarakan Kartini, tetapi kerinduan Tuhan yang ingin membawa setiap bangsa keluar dari kegelapan dan kekelaman untuk menuju kepada terangNya yang ajaib. Dalam konteks dekat, Yehuda yang berada dalam kegelapan karena dosa Ahas dihukum Tuhan lewat bangsa Asyur. Tetapi Tuhan akan bangkitkan Hizkia putra Ahas, yang percaya penuh kepada Tuhan dan bahaya Asyur akan dilenyapkan. Yesaya memberikan janji pengharapan bahwa akan ada terang yaitu kelepasan dari kegelapan. Namun, kegemilangan yang lebih besar di kemudian hari melebihi jaman Yesaya yaitu akan bangkit seorang raja yang adalah keturunan Days sendiri. Ia memiliki banyak gelar yaitu: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai. Keempat gelar ini menjamin kemakmuran dan keadilan selama-lamanya! Ia lah yang akan membawa setiap suku, kaum dan bahasa untuk bangkit menuju kepada terang Tuhan yang ajaib. Bagi seluruh bumi, terang itu telah dinyatakan dan telah datang ke dalam dunia. Dialah Kristus Yesus keturunan Daud pengharapan akan keselamatan umat manusia. Nubuat Yesaya itu telah digenapi dalam diriNya. Karena itu segera tinggalkan kegelapan hidupmu dan berlarilah kepada terang yang ajaib yaitu hidup yang penuh pengharapan dan kepastian di dalam Yesus Kristus.

Hidup dalam terang Tuhan adalah hidup yang penuh pengharapan dan kepastian.

passionateheintje.blogspot.com
Yesaya 9:2 "Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan telah melihat terang yang besar; mereka yang diam di negeri kekelaman, atasnya terang telah bersinar."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 15'08'18 : Yeremia 16 - 18

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT