Devotion 1049 : TEGURAN DAN KESEMPATAN

Devotion 1049 - Dr. Heintje Kobstan
TEGURAN DAN KESEMPATAN
Bacaan: Yesaya 15

Hukuman biasanya tidak akan langsung diberikan, pada umumnya akan diawali dulu dengan peringatan. Seperti seorang karyawannya jika kedapatan melanggar kebijakan perusahaan maka oleh perusahaan diberikan surat peringatan 1 kemudian 2 dan 3 lalu dikeluarkan. Tetapi jika ia melakukan pelanggaran yang sangat berat maka bisa saja oleh perusahaan langsung melakukan phk. Saya juga memperlakukan anak-anak seperti itu, jika mereka melakukan kesalahan maka diawali dengan diberikan peringatan sampai 2 kali, jika sudah kali ketiga maka disiplin harus ditegakkan. Demikian juga nubuatan penghukuman kepada bangsa-bangsa tidaklah selalu langsung dilakukan melainkan mereka diberi kesempatan untuk bertobat terlebih dahulu.

Bangsa Moab terletak di bagian Timur Laut Mati dan sejak dahulu telah menjadi musuh Israel. Seperti bangsa lain yang bermusuhan, mereka juga akan dimusnahkan. Moab memiliki sifat angkuh dan congkak dan Israel telah mengetahuinya sejak mereka keluar dari Mesir. Bahkan Musa ingin menghancurkan bangsa ini tetapi Tuhan melarangnya (Ul.2:9). Tetapi ternyata sikap congkak Moab tidak berubah mereka tetap berulah terhadap umat Tuhan. Kini Allah sendirilah yang akan menghukum mereka dengan hukuman yang dahsyat (ay.1-5,9). Mereka akan mengalami serangan dari Asyur, mereka harus lari meninggalkan Moab namun dalam pelarian itu mereka tidak mendapatkan air karena sungai menjadi kering, rumputpun kering. Harta yang mereka andalkan pun tidak ada gunanya lagi disaat seperti ini. Yang terluput dari Moab dan yang tersisa dari tanah itu akan diterkam oleh singa. Yang dimaksud dengan singa di sini mungkin adalah kemenangan Yehuda di kemudian hari, atau barangkali Esar-hadon, orang Asyur (yang mencatat penaklukan atas raja Moab, Mutsuri), atau bahkan bangsa Kasdim dari zaman berikutnya. Sekiranya Moab mendengar nubuatan penghukuman ini maka mereka masih diberi kesempatan untuk bertobat. Ketika kita mendengar teguran Tuhan apakah itu lewat pemberitaan firman Tuhan yang kita dengar atau yang kita baca maka jangan keraskan hatimu. Tetapi segeralah bertobat karena itu berarti Tuhan masih memberi kesempatan untuk hidup dengan benar dan menikmati anugerahNya dengan limpah.

Jika Tuhan masih menegur kita lewat pemberitaan firman Tuhan atau firman yang kita baca maka Tuhan masih memberi kesempatan bagi kita untuk hidup benar dan menikmati anugerahNya.

#passionateheintje.blogspot.com
Yesaya 15:1 "Ucapan ilahi tentang Moab. Sungguh, dalam suatu malam Ar-Moab sudah dirusakkan, dibinasakan; sungguh, dalam suatu malam Kir-Moab sudah dirusakkan, dibinasakan!"

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 23'08'18 : Yeremia 41 - 43

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT