Devotion 1048 : JAWABAN DOA

Devotion 1048 - Dr. Heintje Kobstan
JAWABAN DOA
Bacaan: Yesaya 14

Tidak ada satupun manusia dimuka bumi ini yang terluput dari masalah dan persoalan. Tempat pengharapan terakhir bagi orang percaya untuk terlepas dari masalah adalah Tuhan. Ada banyak kesaksian bahwa mereka diluputkan Tuhan segera setelah berdoa kepada Tuhan. Tetapi ada juga yang bersaksi bahwa sampai saat ini Tuhan belum menjawab doa mereka. Namun apakah Tuhan tidak mendengar doa mereka yang belum terjawab? Atau adakah Tuhan pilih kasih? Mungkin ada persyaratan yang belum dipenuhi oleh mereka yang belum dijawab doanya. Adakah Tuhan seperti itu?

Kisah bangsa Israel yang ditindas Babel mungkin bisa mewakili sebagian orang percaya yang belum dijawab doanya. Setelahnya sekian lama mereka ditindas akhirnya kelepasan terjadi. Perikop ini menggambarkan nubuat Yesaya tentang pembalasan Tuhan kepada raja Babel yang selama ini menjajah bangsa Israel. Hal ini dilakukan karena Tuhan menyayangi Yakub dan keturunannya (ay. 1). Tuhan membalas perbuatan raja Babel dengan menyebabkannya jatuh sampai ke dunia orang mati. Ia membalikkan kemegahan Babel dengan kehinaan menjadikan ulat dan cacing sebagai alas tidur dan selimut (ay. 5-11). Tuhan memperlakukan raja Babel yang sombong seperti taruk (= tunas tumbuhan) yang menjijikkan dan bangkai yang terinjak-injak. Bahkan di dalam kuburpun tempatnya tidak bersama-sama arwah bekas raja (ayat 12-20a). Bukannya Tuhan tidak memperhatikan setiap doa umatNya namun dibalik itu semua Tuhan sedang menantikan pertobatan sejati dari Israel. Waktu pulalah yang akan memproses iman kita untuk menjadi kuat dan semakin mempercayai janji TUHAN. Dan waktu Tuhan untuk menolong umatNya tidaklah ditentukan oleh umatNya.

Setiap seruan doa yang dinaikkan Tuhan pasti mendengarnya namun kapan doa itu dijawab tergantung pada waktunya Tuhan.

passionateheintje.blogspot.com
Yesaya 14:3-4 "Maka pada hari TUHAN mengakhiri kesakitan dan kegelisahanmu dan kerja paksa yang berat yang dipaksakan kepadamu, maka engkau akan memperdengarkan ejekan ini tentang raja Babel, dan berkata: "Wah, sudah berakhir si penindas sudah berakhir orang lalim!"

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 22'08'18 : Yeremia 38 - 40

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT