Devotion 1036 : MENANTI DENGAN SETIA

Devotion 1036 - Dr. Heintje Kobstan
MENANTI DENGAN SETIA
Bacaan: Yesaya 2

Yesaya menyatakan nubuatan tentang gunung tempat Rumah Tuhan berdiri. Bahwa gunung itu akan tegak berdiri dan menjulang tinggi serta segala bangsa akan datang berduyun-duyun ke sana. Gunung tempat rumah TUHAN. Tepatnya ialah Gunung Moria (yang disebut Sion), di mana Bait Salomo dibangun. Tetapi, Bait Suci fisik itu adalah kiasan untuk Bait Suci rohani
yaitu Gereja Perjanjian Baru, atau tubuh Kristus. Apa tujuan segala bangsa berduyun-duyun kesana? Untuk menerima pengajaran tentang jalan-jalan Tuhan sebab dari Sion akan keluar pengajaran dan firman Tuhan dari Yerusalem.

Kapan hal itu akan terjadi? Para penafsir berbeda pandangan. Ada yang melihat teks ini secara harfiah menantikan penggenapannya saat Tuhan Yesus datang kembali, di mana Kerajaan Israel akan berdiri kembali. Ada juga yang melihatnya sebagai simbol kerajaan Allah di mana Kristuslah Rajanya menyatakan bahwa secara rohani kerajaan Allah sudah dimulai saat inkarnasi. Ayat ini memberi tahu kita sekilas mengenai tujuan akhir Allah bagi Israel dan umat manusia. Apakah penggenapannya saat Tuhan Yesus datang kembali atau saat pada saat inkarnasi tidak diketahui secara pasti namun janji pemulihan itu pasti terjadi. Namun sikap kita sebagai umat kepunyaan Tuhan (`am) adalah menantikan dengan setia penggenapan janji itu. Penantian itu juga berarti tetap berjalan dalam terang Tuhan dan  melalui perilaku dan sikap hidup kita, tunjukkanlah bahwa "hanya TUHAN saja yang mahatinggi." Jangan kemudian kita menaruh ekspektasi yang terlalu tinggi terhadap janji itu sehingga kita menjadi sombong (sok rohani) ataupun berbalik dan kemudian mengandalkan manusia karena tidak sabar menanti penggenapan janji itu. Sebab pada akhirnya manusia yang sombong akan direndahkan, dan orang yang angkuh akan ditundukkan; dan hanya TUHAN sajalah yang maha tinggi pada hari itu.

Hiduplah dalam kehendak Tuhan dan dengan setia menantikan setiap penggenapan janji Tuhan.

passionateheintje.blogspot.com
Yesaya 2:5 "Hai kaum keturunan Yakub, mari kita berjalan di dalam terang TUHAN!"

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 05'08'18 : Yesaya 49 - 51

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT