Devotion 1046 : KASIH DAN DISIPLIN

Devotion 1046 - Dr. Heintje Kobstan
KASIH DAN DISIPLIN
Bacaan: Yesaya 12

Sebagai anak seringkali kita menyusahkan orang tua kita. Tidak jarang mereka memarahi bahkan menghukum kita. Walaupun mereka memarahi anaknya namun dibalik kemarahan itu terkandung kasih sayang yang besar. Kemarahan tanpa merangkul kembali hanya akan membuat luka batin kepada si anak. Karena itu, sebagai orang tua jangan hanya tahu untuk menghukum namun juga harus membebat kembali perasaan mereka. Demikian juga Tuhan dan umatNya, Ia adalah Bapa yang baik bagi umatNya. Sekalipun Ia menghukum mereka tetapi Ia juga menunjukkan kasihNya dengan menghibur mereka.

Sebagai anak seharusnya kita bisa mensyukuri akan keberadaan orang tua dengan segala perlakuannya terhadap kita. Pada waktu itu engkau akan berkata: "Aku mau bersyukur kepada-Mu, ya TUHAN, karena sungguhpun Engkau telah murka terhadap aku: tetapi murka-Mu telah surut dan Engkau menghibur aku (ay.1). Hal yang patut disyukuri adalah tidak selamanya Tuhan itu murka kepada umatNya bahkan Ia pun memberikan penghiburan kepada mereka. Ia tidak membuang umatNya tetapi merangkul mereka kembali. Disinilah kita bisa melihat bahwa di satu sisi Allah kita itu penuh disiplin tetapi disisi lain Ia juga berlimpah dalam kasih. Seharusnya beginilah kasih orang tua kepada anaknya, disiplin dan kasih. Antara kasih dan disiplin haruslah seimbang karena itu akan mempengaruhi dan membentuk karakter, kepribadian, sikap, etika, dari anak tersebut. Sebagai anak, ketika didikan atau pendisiplinan terjadi dalam hidupmu maka yang harus dilakukan adalah bersyukurlah dan jangan memberontak. Pendisiplinan sangat baik agar karena akan membentuk mentalitas pemenang bukan pecundang. Tetapi jika engkau mengalami kekurangan kasih bapa, jangan kuatir karena Bapa Sorgawi akan melimpahkan kasihNya kepadamu.

Kasih dan disiplin harus seimbang baik dalam mendidik anak ataupun dalam melayani generasi sehingga mereka dapat bertumbuh secara sehat baik secara jasmani maupun rohani.

passionateheintje.blogspot.com
Yesaya 12:1 "Pada waktu itu engkau akan berkata: "Aku mau bersyukur kepada-Mu, ya TUHAN, karena sungguhpun Engkau telah murka terhadap aku: tetapi murka-Mu telah surut dan Engkau menghibur aku."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 20'08'18 : Yeremia 32 - 34

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT