Devotion 1047 : KEKUASAAN MANUSIA & KEDAULATAN TUHAN

Devotion 1047 - Dr. Heintje Kobstan
KEKUASAAN MANUSIA & KEDAULATAN TUHAN
Bacaan: Yesaya 13

Kecenderungan hidup manusia adalah untuk berkuasa, baik dalam skala kecil ataupun besar, misalnya menjadi Presiden. Maka terlihat didepan mata kita peristiwa-peristiwa perebutan kekuasaan. Bahkan tidak jarang dalam perebutan kekuasaan itu, mereka yang bertarung memakai cara-cara yang tidak terpuji dan tidak beretika. Alkitab sudah menyatakan bahwa kebobrokan manusia akhir jaman itu dikarenakan keinginan mata, keinginan daging dan keangkuhan hidup. Semua hal itu tidak berkenan kepada Tuhan termasuk kepemimpinan yang tidak menghormati Tuhan.

Pada pasal ini Tuhan mulai menghukum bangsa-bangsa yang dimulai terhadap Babel. Seorang sejarawan dan filsuf Inggris, John Emerich Edward Dalberg, yang dikenal dengan Baron Acton I menulis bahwa seseorang yang memiliki kekuasaan menyalahgunakan kekuasaan untuk kepentingan sendiri, menindas yang lemah tanpa takut kepada Allah. Kekuasaan mudah sekali membutakan manusia.! Banyak dari mereka yang sudah berkuasa, tidak lagi menghargai kedaulatan Tuhan. Bahwa hanya Tuhan yang sanggup untuk mengangkat atau menurunkan seseorang. Jadi, pasal-pasal ini mengajarkan bahwa semua bangsa dan orang bertanggung jawab kepada Allah; orang yang menentang Dia dan rencana keselamatan ilahiNya akan dihukum dan dibinasakan, dan orang yang percaya kepadaNya akan menang pada akhirnya. Nubuat penghukuman Babel diberitakan saat Asyur masih menjadi ancaman, jauh sebelum Babel berkuasa dan menghancurkan Yerusalem. Tuhan memang menghukum Israel yang telah berdosa dan Ia memakai Babel untuk melaksanakan penghukuman itu. Namun Tuhan juga akan menghukum Babel karena kesombongan mereka (ay.11). Jadi jika Tuhan mempromosikan seseorang untuk menduduki suatu jabatan atau kedudukan, jangan sombong tetapi kerjakan dengan sebaik-baiknya seperti kita mengerjakannya untuk Tuhan.

Kehancuran akan terjadi kepada mereka yang tidak mengakui dan menghormati kedaulatan Tuhan.

#passionateheintje.blogspot.com
Yesaya 13:19 "Dan Babel, yang permai di antara kerajaan-kerajaan, perhiasan orang Kasdim yang megah, akan sama seperti Sodom dan Gomora pada waktu Allah menunggangbalikkannya..."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 21'08'18 : Yeremia 35 - 37

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT