Devotion 1038 : KECANTIKAN ROHANI

Devotion 1038 - Dr. Heintje Kobstan
KECANTIKAN ROHANI
Bacaan: Yesaya 4

Setiap wanita bisa tampil cantik jika ia bisa berdandan. Tetapi untuk membuat seorang wanita tampil cantik pasti membutuhkan biaya yang banyak. Suami-suami jangan menuntut istrinya tampil cantik kalau tidak mau membiayai biaya kecantikannya. Yesaya juga menuliskan tentang kecantikan puteri Sion (ps.3). Sayangnya, kecantikan dan keanggunan para wanita Sion hanya sekadar polesan luar belaka. Kecantikan itu bercampur sikap tinggi hati dan "nakal" (ay. 16). Begitu segala perhiasan dan riasan ditanggalkan, maka pudarlah kecantikan mereka.

Kecantikan lahiriah telah membuat para wanita Sion menjadi sombong dan angkuh. Betapa besarnya perhatian yang mereka berikan untuk penampilan mereka. Dengan begitu banyaknya perhatian, waktu dan uang yang diberikan untuk mempercantik diri secara berlebihan, masih adakah sumber daya yang layak yang tersedia untuk Tuhan? Kecantikan semu kaum wanita Sion ini sekaligus juga menggambarkan keadaan Yerusalem sebagai Ibukota Israel. Memang kehidupan budaya dan agama kaum ibu di ibukota negara, berpengaruh besar pada kehidupan kaum ibu di seluruh negara. Moral kaum wanita di ibukota pun seringkali mencerminkan moral kaum prianya (ay.4:1). Karena itu Tuhan mengambil semua yang diandalkan oleh Yerusalem, termasuk para pria yang mereka kasihi dan andalkan sehingga hanya ada 1 laki-laki untuk 7 perempuan. Mereka mengemis demi mendapatkan kembali kehormatan dan harga diri mereka. Tuhan ingin kembali menguduskan Yerusalem, sehingga bukan kecantikan lahiriah saja yang diutamakan tetapi kecantikan rohani. Kecantikan lahiriah memang diperlukan tetapi lebih dari itu mari kita mempercantik rohani kita. Ijinkan firman Tuhan dan Roh Kudus merias rohani kita, sehingga kecantikan sejati yang dari dalam akan memancar keluar. Dan kecantikan sejati itu adalah karakter ilahi.

Kecantikan lahiriah memang penting tetapi lebih penting adalah kecantikan rohani, karena itu ijinkan firman Tuhan dan Roh Kudus merias rohani kita.

passionateheintje.blogspot.com
Yesaya 4:4 "apabila TUHAN telah membersihkan kekotoran puteri Sion dan menghapuskan segala noda darah Yerusalem dari tengah-tengahnya dengan roh yang mengadili dan yang membakar."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 07'08'18 : Yesaya 55 - 57

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT