Devotion 1037 : TANPA PEMIMPIN

Devotion 1037 - Dr. Heintje Kobstan
TANPA PEMIMPIN
Bacaan: Yesaya 3

Apakah yang akan terjadi jika suatu bangsa tidak mempunyai pemimpin? Kemungkinan besar akan terjadi kekacauan besar. Setiap orang akan mengambil jalannya sendiri. Hal inilah yang dialami oleh orang Yehuda. Kalau sebelumnya mereka merasa gerah dengan pimpinan Tuhan yang mungkin mereka rasa terlalu mendikte, pada titik ekstrim yang ini, mereka akan kalang-kabut karena tidak ada seorang pun yang mau mengatur mereka. Tidak ada yang mau menjadi pemimpin. Tidak ada yang mau menjadi penanggung jawab atas kehidupan sesama mereka.

Nubuat mengenai kerusuhan di Yerusalem ini agaknya diucapkan nabi Yesaya pada awal pemerintahan raja Ahas sebelum th 735. Raja masih muda dan negeri terancam serangan dari pihak luar negeri, (bdk 2Ra 15:37). Dalam keadaan itu negeri berbahaya akan kacau-balau. Negeri itu akan ditinggalkan tanpa pemimpin atau sumber-sumber daya. Pernyataan ini digenapi secara bertahap melalui serangan-serangan berturut-turut oleh Nebukadnezar, khususnya serangan tahun 597 SM, ketika "Ia mengangkut ... orang-orang berkuasa di negeri itu ... semua orang yang gagah perkasa, tujuh ribu orang banyaknya, para tukang dan para pandai besi, seribu orang banyaknya, sekalian pahlawan yang sanggup berperang" (II Raj. 24:15, 16). Sehingga bangsa itu mengalami kehancuran karena Tuhan mengambil semuanya. Mereka akhirnya mengalami, 1. Yang menjadi pemimpin mereka adalah orang-orang yang tak berpengetahuan; 2. Keadaan sosial kemasyarakatan menjadi kacau; 3. Kepemimpinan menjadi kosong, sampai-sampai orang yang punya satu jubah pun dianggap pemimpin; bahkan yang muda membentak yang tua (ay.4-6). Marilah kita berdoa agar peristiwa Yehuda tidak menimpa bangsa ini. Rendahkanlah diri dan jangan sombong, ijinkanlah Tuhan berdaulat sepenuhnya atas hidup kita maupun bangsa ini.

Berserah dan mengijinkan Tuhan berdaulat sepenuhnya dalam kehidupan ini adalah salah satu cara merendahkan diri dihadapan Tuhan.

passionateheintje.blogspot.com
Yesaya 3:8 "Sungguh, Yerusalem telah runtuh dan Yehuda telah rubuh; sebab perkataan mereka dan perbuatan mereka melawan TUHAN dan mereka menantang kemuliaan hadirat-Nya."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 06'08'18 : Yesaya 52 - 54

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT