Devotion 1039 : HASILNYA MENGECEWAKAN

Devotion 1039 - Dr. Heintje Kobstan
HASILNYA MENGECEWAKAN
Bacaan: Yesaya 5

Kisah tentang bangsa Yehuda merupakan contoh bagi kita, umat Tuhan. Dimana Tuhan begitu menyayangi Yehuda tetapi juga harus menghukumnya karena pemberontakan mereka kepada Tuhan. Yesaya menjelaskan hal ini lewat nyanyian tentang kebun anggur.  Nyanyian kebun anggur ini menunjukkan bahwa Allah berusaha sedapat-dapatnya untuk menjadikan Yehuda bangsa yang benar dan produktif. Hanya ketika mereka gagal menjadi apa yang diinginkan-Nya barulah Allah membinasakan kebun anggurNya. Perumpamaan Yesaya secara historis menunjuk kepada kebinasaan Yerusalem dan kerajaan Yehuda pada tahun 586 SM.

Perumpamaan kebun anggur ini juga dipakai oleh nabi Hosea, Yeremia, Yehezkiel bahkan oleh Yesus sendiri. Dalam Yesaya, inilah kali pertama secara kronologis muncul kebun anggur sebagai kiasan tentang Israel. Kata kekasih (ibr. dôd) merujuk kepada teman Yesaya, tetapi cara Yesaya mengidentifikasi kekasih ini merujuk kepada hubungannya dengan Tuhan. Dan Tuhan memakai Yesaya sebagai juru bicaraNya. Bayangkan bagaimana Tuhan mengasihi Yehuda dengan memberikan tanah yang subur tetapi yang dihasilkan ada anggur yang asam. Artinya anugerah yang diberikan Tuhan tidak dipergunakan dengan baik sehingga tidak menghasilkan anugerah juga. Contoh sederhana, jika hidup kita diberkati maka seharusnya hasilnya adalah kita memberkati orang lain dengan berkat yang sama seperti yang diterima dari Tuhan. Tetapi yang terjadi kepada Yehuda tidaklah demikian. Bagaimana jika engkau yang berada di pihak Tuhan? Dengan penuh kesedihan, Allah menumpahkan murkaNya dan "mengambil, menghancurkan, merusak" kebun anggurNya, sungguh kata-kata yang keras. Pengenalan dan hubungan kita dengan Tuhan seharusnya menghasilkan perbuatan baik seperti, kesucian hidup, berprilaku adil bahkan perbuatan kasih kepada sesama. Sehingga hal ini akan menyenangkan si empunya kebun anggur itu yaitu Tuhan sendiri.

Hubungan kita dengan Tuhan seharusnya menghasilkan perbuatan baik yang bisa dinikmati oleh sesama dan dengan perbuatan baik itu orang akan memuliakan nama Tuhan.

passionateheintje.blogspot.com
Yesaya 5:4 "Apatah lagi yang harus diperbuat untuk kebun anggur-Ku itu, yang belum Kuperbuat kepadanya? Aku menanti supaya dihasilkannya buah anggur yang baik, mengapa yang dihasilkannya hanya buah anggur yang asam?"

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 09'08'18 : Yesaya 61 - 63

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT