Devotion 877 : ORANG BENAR YANG MENDERITA

Devotion 877 - Dr. Heintje Kobstan
ORANG BENAR YANG MENDERITA
Bacaan: Mazmur 44

Nyanyian pengajaran (Maaschil) ini dituliskan berdasarkan tradisi (ajaran) lisan maupun dalam pembacaan Kitab-kitab Suci yang dibacakan di hadapan orang banyak pada hari-hari raya keagamaan. Sehingga ingatan akan perbuatan-perbuatan perkasa Allah pada zaman dahulu dilestarikan. Pemahaman sejarah melalui tradisi ini sangat efektif, sebab Allah dikenal paling baik melalui apa yang telah diperbuatNya. Dalam mazmur ini, Pemazmur mengungkapkan akan kisah Allah yang melalukan perbuatan-perbuatan besar bagi Israel tetapi kemudian dilanjutkan dengan ratapan karena Tuhan membuang dan melupakan mereka.

Adanya kemungkinan bahwa mazmur ini dihubungkan dengan dimusnahkannya kota Yerusalem dan bait Allah dalam th 587 SM. Kejatuhan yang membuat Israel menderita terjadi karena mereka tidak lagi mengutamakan Allah. Ketika Allah murka kepada umatNya, maka orang benar yang ada di tengah umat yang tidak setia itu akan merasakan juga akibat murka Allah tersebut. Pemazmur juga terimbas dan mengalami penderitaan akibat penghakiman Allah terhadap umatNya, sekalipun ia hidup benar. Sebagai orang benar kadang kita harus ikut menanggung hukuman yang Allah timpakan kepada masyarakat, karena kita juga ada dalam masyarakat itu. Hal ini terjadi supaya kita ikut bertanggung jawab atas apa yang terjadi dalam masyarakat ini. Apalagi saat ini kita hidup ditengah-tengah angkatan yang tidak benar dan bengkok hatinya. Mereka adalah orang yang tidak mengenal Tuhan bahkan cenderung menekan dan menganiaya umat Tuhan. Menurut Amyraldus, seperti Israel dibawah kekuasaan Babel, demikian gereja masa kini berada di bawah kekuasaan Babel Perjanjian Baru (modern). Karena itu, kita harus peduli dengan keadaan sekitar kita dan mendoakan agar belas kasih dan pemulihanNya terjadi. Peran orang benar sangat dinantikan oleh dunia ini, karena dunia yang dalam kegelapan sedang menunggu terang Tuhan dinyatakan melalui kehidupan orang benar.

Dunia yang gelap sedang menanti terang Tuhan yang dinyatakan melalui kehidupan orang benar.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 44:3 "Sebab bukan dengan pedang mereka menduduki negeri, bukan lengan mereka yang memberikan mereka kemenangan, melainkan tangan kanan-Mu dan lengan-Mu dan cahaya wajah-Mu, sebab Engkau berkenan kepada mereka."

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT