Devotion 864 : JAMINAN KESELAMATAN

Devotion 864 - Dr. Heintje Kobstan
JAMINAN KESELAMATAN
Bacaan: Mazmur 31

Mazmur ini adalah doa yang amat pribadi yang mengungkapkan kesusahan dan ratapan karena musuh (ay.5,9), penyakit (ay.10-11), dan ditinggalkan teman-teman (ay.12-14). Diduga Daud menulis mazmur ini ketika ia sedang dikejar-kejar oleh Saul. Beberapa bagian di dalam mazmur ini secara khusus cocok dengan kejadian saat Daud dengan susah payah meloloskan diri di Kehila (1 Sam. 23:13), kemudian di padang gurun Maon, ketika Saul bergerak menuju satu sisi bukit sementara Daud berada di sisi lainnya, dan tidak lama setelah itu, di dalam gua di padang gurun En-Gedi.

Mazmur ini berisi perpaduan antara doa, puji-pujian, dan pengakuan akan keyakinan di dalam Allah. Daud menyatakan keyakinannya kepada Allah dengan penuh sukacita, dan dengan keyakinan ini, ia berdoa agar ia dibebaskan dari masalah yang sedang dihadapinya. Iman dan doa harus berjalan bersama-sama. Siapa percaya, biarlah dia berdoa – Aku percaya, sebab itu aku berkata-kata. Dan siapa berdoa, biarlah dia percaya, karena doa yang penuh iman adalah doa yang membuahkan hasil. Ada hal yang menarik dalam mazmur ini, yaitu kalimat: "Ke dalam tangan-Mulah kuserahkan nyawaku; Engkau membebaskan aku, ya TUHAN, Allah yang setia." Karena terkepung oleh Saul maka Daud memandang dirinya sendiri sebagai orang yang sedang meregang nyawa, yang hampir mati tetapi ia tahu bahwa rohNya adalah milik Tuhan dan jika ia mati maka rohNya akan kembali kepada Tuhan, Sang Pencipta. Dia rela mati jika Allah menghendakinya ini merupakan pernyataan iman. Tetapi, biarlah nyawaku jatuh ke dalam tangan Tuhan, sebab besar kasih sayangNya. Dan dengan perkataan ini pula Tuhan kita Yesus Kristus menyerahkan nyawaNya di atas kayu salib, dan menjadikan nyawaNya itu sebagai persembahan untuk menebus dosa manusia. Suatu persembahan kepada Bapa yang diberikan atas kehendakNya sendiri. Dengan sukarela Dia menyerahkan hidupNya sebagai tebusan. Karena itu, Daud sadar bahwa hidupnya sungguh berharga dihadapan Tuhan sehingga ia berseru memohon keluputan akan bahaya yang mengancamnya. Hidup kita pun sama berharganya seperti Daud karena kita telah ditebus oleh kehidupan Yesus yang mati di kayu salib untuk menanggung dosa manusia. Karena itu, ketika kita hidup mempercayai bahwa Yesus adalah Tuhan maka kita hidup di dalam keselamatan yang dia sediakan. Keselamatan itu adalah jaminan kehidupan bagi mereka yang percaya padaNya. Karena keselamatan merupakan perlindungan Tuhan atas bahaya maut dan kematian kekal yang mengincar hidup kita. Sehingga mereka yang percaya padaNya akan hidup dalam keamanan dan kasih setiaNya yang besar.

Hanya di dalam Yesus Kristus ada keselamatan dan keselamatan itu merupakan perlindungan Tuhan atas maut dan kematian kekal yang mengincar mereka yang percaya padaNya.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 31:14 "Tetapi aku, kepada-Mu aku percaya, ya TUHAN, aku berkata: "Engkaulah Allahku!"

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT