Devotion 874 : KEMURAHAN HATI

Devotion 874 - Dr. Heintje Kobstan
KEMURAHAN HATI
Bacaan: Mazmur 41

Orang lemah dan tak berdaya mendapatkan perhatian khusus dari Tuhan. Bagi mereka yang menaruh belas kasihan kepada orang lemah dan tak berdaya, akan mendapatkan anugerah Tuhan. Anugerah itu berbicara tentang Tuhan akan meluputkannya dari segala kecelakaan, Tuhan akan melindungi dan memelihara jiwanya, musuh-musuhnya tidak dapat menjamah hidupnya dan ia akan hidup dalam kebahagiaan. Janji Allah bahwa Ia akan menolong dan menghibur orang-orang yang memperhatikan orang lemah dirumuskan kembali oleh Tuhan Yesus dalam ucapan bahagia, yaitu: "Berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan" (Mat 5:7).

Kemurahan hati seperti apa yang dituntut dari kita? Yaitu, memperhatikan orang yang lemah atau sedang menderita, baik dalam pikiran, tubuh, maupun harta benda. Kita harus memperhatikan orang yang lemah dengan berhikmat. Artinya, kita sendiri harus belajar dari kemiskinan dan penderitaan orang lain. Kemiskinan dan penderitaan itu harus Maschil (mengajarkan kebijaksanaan atau kesalehan – pen.) kepada kita. Kemurahan hati seperti apa yang dijanjikan kepada kita jika kita menunjukkan kemurahan hati seperti itu? Orang yang memperhatikan orang lemah (jika dia tidak bisa menolong mereka, namun memperhatikan mereka, memiliki keprihatinan yang penuh belas kasihan bagi mereka, dan bertindak dengan penuh pengertian dan bijaksana dalam meringankan beban mereka) akan diperhatikan oleh Allah. Dia tidak hanya akan diganjar pada waktu kebangkitan orang-orang benar, melainkan juga disebut berbahagia (kjv: diberkati – pen.) di bumi. Menolong orang-orang lemah adalah cara yang paling pasti dan aman untuk menjadi berhasil. Orang yang melakukan hal ini boleh merasa yakin akan pertolongan dari Allah pada waktunya.

Mereka yang memperhatikan orang lemah dan tak berdaya akan diperhatikan oleh Tuhan.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 41:1 "Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. Berbahagialah orang yang memperhatikan orang lemah! TUHAN akan meluputkan dia pada waktu celaka."

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT