Devotion 871 : ADA KEBAIKAN DI DALAM PENDERITAAN

Devotion 871 - Dr. Heintje Kobstan
ADA KEBAIKAN DI DALAM PENDERITAAN
Bacaan: Mazmur 38

Ketika kita membaca mazmur ini, maka kita akan menemui kata-kata atau rangkaian kalimat mengenai sakit, dosa dan hukuman Tuhan. Kala itu Daud sedang berjuang dengan penderitaannya yang disadarinya berasal dari dosa dan kesalahannya. Penderitaan sakit yang ia alami membuat dia merendahkan diri dan mengalami hidup dalam pertobatan. Pada saat yang bersamaan, dia tengah ditinggalkan oleh kawan-kawannya dan diburu oleh musuh-musuhnya. Jadi, mazmur ini berisikan kesesakan yang mendalam dan bencana-bencana yang rumit.

Melalui mazmur ini, pemazmur sedang menyatakan kepada kita tentang 2 dampak ketika kita berbuat dosa setelah kita mengenal dan mengalami kasih karuniaNya. 1. Kemarahan dan hukuman ilahi. Ajaran bahwa Allah senantiasa mengampuni dan melupakan dosa tanpa mendisiplin orang percaya yang bertobat bukan ajaran alkitabiah. Walaupun sudah ada pengampunan namun masih ada akibat yang mengikuti (2Sam.12:9-13). Ketika seorang yang berdosa datang memohon pengampunan kepadaNya, sesuai janjiNya maka Tuhan pun mengampuni orang itu. Akan tetapi akibat dosa yang ia perbuat haruslah ia tanggung. Misalnya seorang koruptor bertobat dan minta ampun, maka Tuhan pasti ampuni tetapi dampak dari perbuatan korupsinya haruslah ia pertanggungjawabkan kepada negara. 2. Rasa sakit jasmaniah dan siksaan mental. Dosa membawa beban dan penderitaan berat atas diri orang berdosa. Allah mungkin mengizinkan penyakit berat atau bahkan kematian sebagai akibat pelanggaran kita (ay.4-11) namun jiwa kita tidak binasa karena telah mendapatkan pengampunan. Pria yang suka seks bebas akhirnya terkena penyakit HIV maka kemungkinan ia akan mengalami kematian karena penyakitnya itu walaupun ia sudah diampuni. Ini merupakan contoh bahwa sekalipun pemazmur orang yang dekat dengan Tuhan tetapi tidak luput dari dosa. Karena itu penderitaan yang ia alami mengerjakan kebaikan bagi dirinya sendiri. Namun dalam penderitaan itu, pemazmur memohon agar Tuhan jangan meninggalkannya, jangan menjauhinya dan tolonglah dirinya dengan bersegeralah menyelamatkannya.

Penderitaan yang sedang terjadi bukan untuk menghukum tetapi kesempatan untuk segera bertobat dari segala perbuatan dosa.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 38:17 "Sebab aku mulai jatuh karena tersandung, dan aku selalu dirundung kesakitan"

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT