Devotion 868 : JIKA TUHAN YANG BELA

Devotion 868 - Dr. Heintje Kobstan
JIKA TUHAN YANG BELA
Bacaan: Mazmur 35

Kepada siapa manusia mencari keadilan? Pengadilan didunia tidak dapat memberikan keadilan yang sejati. Daud mengalami hal yang sama yaitu ketidakadilan dari penguasa yang seharusnya memberikan keadilan dan ketentraman kepadanya. Tetapi yang terjadi adalah Daud dikejar-kejar oleh penguasa yaitu ayah mertuanya sendiri untuk dibunuh. Sehingga dalam kesesakannya, ia memohon pertolongan kepada Tuhan saja. Dalam mazmur ini, Daud berseru kepada Hakim segala hakim, Hakim atas langit dan bumi yang adil untuk melawan musuh-musuhnya yang membenci dan mengejar-ngejar dia.

"Berbantahlah, TUHAN, melawan orang yang berbantah dengan aku, berperanglah melawan orang yang berperang melawan aku!" Dalam kalimat seruan ini, Daud menyatakan bahwa Tuhan adalah Pembela hidupnya dan juga Panglima perang yang akan melawan para musuh-musuhnya. Daud tidak mengandalkan kekuatannya atau orang-orang yang beserta dengannya tetapi ia mengandalkan Tuhan. Bahkan Daud menyerukan kepada Tuhan, katakanlah kepada jiwaku, "Akulah keselamatanmu!" Pengharapan Daud kepada Tuhan sungguh luar biasa, suatu pengharapan yang pasti bahwa Tuhan pasti akan menyelamatkannya dari mereka yang ingin membunuhnya. Bahkan mereka akan mendapat malu karena Tuhan melakukan perkara ajaib yang akan menjatuhkan musuh-musuhnya dan meniup mereka seperti sekam. Daud juga meminta Tuhan membela perkaranya dan menghakiminya sesuai dengan keadilan Tuhan supaya musuh tidak bersukacita atasnya. Sehingga dengan pembelaan Tuhan maka musuh-musuhnya akan mendapat malu. Daud tahu caranya untuk menghadapi setiap musuh yang mengepungnya, yaitu bersama dengan Tuhan. Secara kekuatannya tidak sebanding dengan musuh tetapi Tuhanlah yang gantikan Daud untuk beperang. Karena itu, jika Tuhan yang bela Daud, siapakah yang dapat menghancurkan hidupnya? Jika Tuhan yang bela umatNya maka kemenangan pasti terjadi.

Alangkah baiknya jika dirimu tidak berkonfrontasi langsung dengan mereka yang memusuhimu tetapi serahkanlah mereka pada Tuhan maka Ia yang akan bertindak mengatasi musuh-musuhmu.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 35:23 "Terjagalah dan bangunlah membela hakku, membela perkaraku, ya Allahku dan Tuhanku!"

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT