Devotion 863 : BERSYUKUR KEPADA TUHAN

Devotion 863 - Dr. Heintje Kobstan
BERSYUKUR KEPADA TUHAN
Bacaan: Mazmur 30

Pada umumnya ketika seseorang atau satu keluarga menempati rumah baru, mereka akan mengadakan ibadah syukur kepada Tuhan. Dalam ibadah syukur itu mereka memohon agar Tuhan selalu melindungi dan menyelamatkan baik seluruh penghuni maupun rumah dan isinya. Bagi orang Yahudi, ada sebuah kebiasaan yang baik walaupun tidak ditegaskan dalam adat istiadat mereka. Kebiasaan itu diizinkan atau tidak dilarang dan diterima yaitu ketika selesai membangun rumah baru, mereka mengadakan upacara peresmiannya di hadapan Allah (Ul. 20:5, bis).

Mazmur ini ditulis oleh Daud dan dinyanyikan pada waktu ibadah syukur peresmian istana barunya. Walau ada pendapat, bahwa ini ditulis pada saat Daud disembuhkan dari suatu penyakit yang mematikan, yang mungkin terjadi pada waktu yang hampir bersamaan dengan pentahbisan rumahnya tersebut. Namun ada juga yang berpendapat bahwa mazmur ini ditulis oleh Daud pada masa tuanya, ketika ia selesai menghitung seluruh pasukannya dan kemudian Allah menghukumnya (Mzm. 30:2; Sam. 24). Mazmur ini mengindikasikan bahwa Daud telah mengalami penderitaan yang berat baik secara pribadi maupun bersama seluruh rakyatnya (ay.2-6). Tetapi setelah menikmati keamanan dan kesenangan dalam kehidupannya (ay.7) ia justru berlaku sombong dengan menghitung pasukannya. Sehingga Tuhan menghukumnya dan membuat ia tersadar akan perbuatannya. Walaupun ada perbedaan pendapat tentang alasan mengapa mazmur ini ditulis, namun semua pendapat ini mengacu pada satu hal, yaitu Daud selalu bersyukur kepada Tuhan. Dalam kesusahan, dalam keberdosaan, dan dalam kejatuhan, Daud tetap dapat menemukan alasan untuk bersyukur kepada Tuhan. Hari ini, masih bisakah kita menemukan alasan untuk bersyukur kepada Tuhan meski di tengah kesulitan?

Kesulitan dan penderitaan dapat melanda setiap orang percaya tetapi hanya mereka yang tahu bersyukur kepada Tuhan yang dapat melewati semua itu dengan tegar.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 30:12 "supaya jiwaku menyanyikan mazmur bagi-Mu dan jangan berdiam diri. TUHAN, Allahku, untuk selama-lamanya aku mau menyanyikan syukur bagi-Mu."

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT