Devotion 1157 : JANGAN MELANGGAR PERJANJIAN TUHAN

Devotion 1157 - Dr. Heintje Kobstan
JANGAN MELANGGAR PERJANJIAN TUHAN
Bacaan: Ratapan 5

Orang Yehuda mengalami penderitaan yang bertubi-tubi. Mereka kehilangan tanah pusaka dan kehilangan orang-orang yang dicintai sewaktu menjadi tawanan di Babel. Ketika berada dalam pembuangan, mereka harus membeli air dan kayu bakar dari pasar gelap. Mereka sangat menderita, bekerja keras tanpa istirahat. Mereka harus menanggung kesalahan dari orang tua bahkan nenek moyang mereka di masa lampau. Yeremia melukiskan keadaan para buangan yang secara jasmaniah dan emosional sudah putus harapan. Penganiayaan dan ketakutan menjadi pengalaman biasa di kalangan mereka.

Bangsa ini sangatlah menderita dan patah semangat karena keadaan mereka. Mereka berkata, "lenyaplah kegirangan hati kami... berubah menjadi perkabungan" (ay.15). Keriangan berubah menjadi kesedihan. Satu-satunya mahkota adalah kemalangan karena telah berbuat dosa. Di pasal ini, Yeremia menyatakan penyesalan dan pengakuan dosa seluruh umat. Walau terlambat, tetapi setidaknya ada tanda-tanda pertobatan dan harapan bahwa hubungan yang tercabik antara umat dan Tuhan bisa kembali dipulihkan, walau tidak segera.  Rakyat Yehuda pada akhirnya harus berhadapan dengan fakta bahwa ketika mereka melanggar perjanjian dengan Allah maka ada konsekuensi yang harus mereka terima sebab Allah tetap setia dengan perjanjianNya. Dan Kitab Ratapan ini ditutup dengan tanda tanya besar, yaitu adakah pengampunan dan pemulihan dari Allah untuk umat yang memang tidak layak diampuni dan diselamatkan. Jawabannya, pemulihan akan diberikan oleh TUHAN jika mereka sungguh-sungguh bertobat dan berbalik dari jalan-jalan yang jahat.

Pelajaran hari ini adalah TUHAN memegang teguh perjanjianNya dengan umatNya. Ketika umatNya melanggar perjanjian itu maka ada konsekuensi hukum yang harus mereka terima. Walau TUHAN itu penuh kasih dan anugerah tetapi kedisiplinan tetap harus ditegakkan. Karena itu, mereka yang berpegang pada perjanjian akan hidup dalam anugerahNya tetapi mereka yang melanggar akan hidup dalam kemurkaanNya.

Umat yang memegang teguh perjanjian TUHAN akan hidup oleh karenanya dan mereka yang melanggarnya akan binasa karenanya.

#passionateheintje.blogspot.com
Ratapan 5:16 "Mahkota telah jatuh dari kepala kami. Wahai kami, karena kami telah berbuat dosa!"

#passionateheintje.blogspot.com
Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 27'02'19: Ulangan 22-24

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT