Devotion 1147 : MENENTANG KEHENDAK TUHAN

Devotion 1147 - Dr. Heintje Kobstan
MENENTANG KEHENDAK TUHAN
Bacaan: Yeremia 47

Setelah Mesir maka datanglah firman TUHAN kepada bangsa Filistin. Orang Filistin mendiami daerah pesisir dari Palestina yang dinamakan Dataran Filistin. Mereka memiliki 5 kota: Ekron, Asdod, Askelon, Gaza dan Gad. Di dalam sejarah Alkitab, keberadaan Filistin selalu menjadi ancaman bagi Israel. Pengaruh agama dan kebudayaan Filistin terasa di dalam sejarah Israel. Nama dewa-dewi Filistin dicatat di dalam Alkitab karena pernah juga disembah oleh umat Israel. Persenjataan dan teknik perang mereka dicatat lebih canggih dibandingkan Israel. Kekuatan fisik tentara mereka juga ditakuti oleh Israel salah satu contohnya adalah Goliat (1Sam. 17).

Filistin adalah salah satu musuh bebuyutan Israel. Bangsa yang hadir sejak abad ke-12 SM di pantai barat Palestina ini, telah menjadi salah satu musuh paling gigih dari Israel. Alasan Tuhan menghukum Filistin dengan keras tidak disebutkan dengan jelas disini. Namun Yeremia mengatakan bahwa bangsa yang besar dan terkenal keras ini, akan diserang oleh Mesir. Bangsa pelaut yang kuat ini akan dihukum oleh kekuatan air dari utara (ay.2), hingga menjadi tidak berdaya (ay.3). Tetapi yang akan menghancurkan sampai bangsa itu musnah ialah Babel di kemudian hari. Ayat 4 menyatakan bahwa Filistin bersekutu dengan Tirus dan Sidon ketika nubuat ini disampaikan. Yeremia 27:3 menyatakan bahwa pada tahun 594 SM perwakilan dari Tirus, Sidon, Edom, Moab, dan Amon bertemu di Yerusalem untuk merundingkan pemberontakan melawan Babel. Meskipun Filistin tidak disebutkan dalam Yeremia 27:3, fakta bahwa mereka adalah sekutu Tirus dan Sion dapat mengungkapkan bahwa Filistin pun termasuk salah satu bangsa yang berusaha menghancurkan kekuasaan dan kekuatan Babel. Itulah kesalahan Filistin. Secara tidak sadar mereka bersekutu untuk menentang kehendak TUHAN. Mengapa? Babel adalah alat TUHAN untuk menghukum bangsa-bangsa yang telah menjadikan Yehuda memberontak kepada TUHAN.

Firman yang disampaikan kepada Yeremia bukanlah hanya untuk bangsa-bangsa saja namun juga bagi orang Yehuda. TUHAN sedang memperingatkan umatNya bahwa menentang kehendak TUHAN sama saja mendatangi kehancuran bagi diri mereka. Peringatan ini sangat pentingnya bagi umatNya agar jangan menentang TUHAN dengan hidup diluar kehendak TUHAN. Kesibukan dan persekutuan dengan dunia adalah cara untuk membelokkan kita dari jalan kehendak TUHAN. Namun keintiman dengan TUHAN akan mempertahankan kita untuk terus berjalan dalam jalan kehendakNya.

Persekutuan dengan dunia adalah cara untuk membelokkan kita dari jalan kehendak TUHAN, namun keintiman dengan TUHAN akan mempertahankan kita untuk terus berjalan dalam jalan kehendakNya.

@passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 47:4 "...oleh karena telah tiba harinya untuk membinasakan semua orang Filistin, dan melenyapkan bagi Tirus dan Sidon setiap penolong yang masih tinggal. Sungguh, TUHAN akan membinasakan orang Filistin, yakni sisa orang yang datang dari pulau Kaftor."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 08'02'19: Bilangan 1 - 3

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT