Devotion 1150 - IA TAHU YANG TERBAIK UNTUK UMATNYA

Devotion 1150 - Dr. Heintje Kobstan
IA TAHU YANG TERBAIK UNTUK UMATNYA
Bacaan: Yeremia 50

Babel adalah alat TUHAN untuk menghukum Yehuda dan bangsa-bangsa lain yang berada di sekitar Yehuda. Tetapi mengapa Yeremia menubuatkan kehancuran Babel? Ternyata yang selama ini disangkakan kepada Yeremia bahwa ia pro Babel ternyata tidak. Nubuat penghukuman atas Babel diberitakan pada tahun 594 SM. jauh sebelum Babel dihancurkan oleh Media-Persia. Babel yang kafir itu sendiri akan dihukum karena kesombongannya dan nafsunya untuk menjarah. Pada tahun 538 SM Babel jatuh ke tangan bala tentara Koresy dari Persia tanpa pertempuran. Koresy mengizinkan bangsa-bangsa yang ditawan untuk pulang ke negeri asal mereka termasuk bangsa Yehuda.

Tangan TUHAN memakai Koresh untuk menghancurkan Babel. Hal ini berarti TUHANlah Sang Penguasa yang berdaulat atas bangsa-bangsa. Selain Babel itu sombong, serakah dan mengandalkan dewa Bel, tidak menyadari bahwa TUHAN yang telah memberikan kuasa kepadanya untuk menghukum bangsa-bangsa tetapi ternyata ada hal lain yang membuktikan bahwa rencana TUHAN itu sungguh luar biasa. Ketika Yeremia mengucapkan nubuatan kepada Babel, bangsa Yehuda sementara berada di pembuangan. Selain Yehuda, juga ada bangsa-bangsa lain disana. Maka kemungkinan besar akan terjadi interaksi kebudayaan bahkan sampai kawin campur antar bangsa. Maka jika hal itu terjadi maka keadaan Yehuda akan semakin terpuruk dan rencana keselamatan melalui keturunan Abraham akan mustahil terjadi. Sehingga Yehuda harus segera dibebaskan untuk bisa kembali ke tanahnya dan kemudian menggenapi rencana TUHAN. Jadi TUHAN tidak asal menghukum tetapi Ia juga mengetahui dengan tepat apa yang harus Ia lakukan. Ia tahu yang terbaik untuk umatNya. Ketika TUHAN memakai kita untuk menggenapi rencanaNya, janganlah menjadi sombong sebab kita hanyalah alat ditanganNya.

Manusia tidak akan mengerti rencana TUHAN sampai rencana itu diwujudnyatakan. Karena itu ketika kita sedang berada dalam situasi yang tidak baik, percayalah bahwa TUHANlah yang berkuasa atas kehidupan kita dan rencana pasti indah pada waktunya.

Percayalah bahwa rencana TUHAN bagi umatNya adalah yang terbaik dan pasti akan terwujud tepat pada waktunya.

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 50:19 "Tetapi Aku akan mengembalikan Israel ke padang rumputnya, supaya ia makan rumput di atas Karmel dan di Basan, dan menjadi kenyang di atas pegunungan Efraim dan di Gilead."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 14'02'19: Bilangan 19 - 21

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT